Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Destinasi Wisata Di Sumba, Pesonanya Indah Tiada Tara

Kompas.com - 17/06/2019, 22:05 WIB
Nur Rohmi Aida,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sumba, destinasi Indonesia yang memiliki banyak pemandangan alam eksotis. Meskipun lokasinya cukup jauh di bagian timur Indonesia, Sumba bisa menjadi tujuan impian kamu yang gemar plesir ke tempat-tempat wisata yang masih alami.

Jika suatu hari kamu berkunjung ke Sumba, berikut beberapa rekomendasi tempat keren di Sumba yang layak masuk list sebagai tempat yang wajib kamu kunjungi:

1. Bukit Warinding

Namanya Bukit Warinding, pemandangannya bikin merinding saking eloknya. Bukit Warinding memiliki pesona hamparan rumput yang berbeda warna saat berbeda musim.

Topografi Bukit Warinding berlapis-lapis, lokasinya pun tak begitu jauh dari Waingapu. Asyiknya medan menuju ke Bukit Warinding tidaklah berat. Cocok untuk kamu yang suka menikmati pemandangan cantik namun malas keluar banyak tenaga.

2. Air Terjun Wai Marang

Air Terjun Wai Marang di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.KOMPAS.com/SILVITA AGMASARI Air Terjun Wai Marang di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Air terjun ini ditemukan oleh Erik, bocah yang ketika itu berusia 13 tahun. Perjalanan untuk menuju air terjun ini memang agak susah karena licin dan jaraknya cukup jauh.

Namun Air Terjun Wai Marang memiliki pesona yang menakjubkan dengan airnya yang begitu jernih. Dengan bebatuan di sekelilingnya yang terlihat unik.

Saat berada di tempat ini pengunjung bisa menceburkan dirinya di kolam yang terbentuk karna air terjun ini.

3. Danau Weekuri

Panorama Danau Weekuri di Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Minggu (14/2/2016).KOMPAS/WISNU WIDIANTORO Panorama Danau Weekuri di Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Minggu (14/2/2016).
Danau ini memiliki kadar garam yang tergolong tinggi sehingga bisa mengapungkan para wisatawan yang mandi dalam danau itu.

Meskipun jalan menuju Danau Weekuri cukup rumit, tetapi Danau Weekuri memiliki air yang bening kebiruan, selalu biru meski langit mendung. Pasir putih membentang indah di sepanjang tepi danau dan di bagian tertentu dasar danau pun bisa tampak.

Danau Weekuri berlokasi di Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya.

4. Air Terjun Matayangu

Air terjun Matayangu di Desa Manurara, Kecamatan Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur, Senin (6/8/2018). Air terjun ini berada dalam kawasan Taman Nasional MataLawa Sumba.KOMPAS.com/MARKUS MAKUR Air terjun Matayangu di Desa Manurara, Kecamatan Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur, Senin (6/8/2018). Air terjun ini berada dalam kawasan Taman Nasional MataLawa Sumba.
Air terjun ini berada di area Taman Nasional Matalawa Sumba. Menuju kemari kamu harus melewati hutan rimba Manuara yang dipadati pohon-pohon raksasa.

Berbagai jenis burung endemik Sumba, seperti julang sumba, kakatua jambul jingga serta berbagai jenis lainnya tinggal di tempat ini.

Air Terjun Matayangu memiliki air yang jernih. Air tersebut terlihat keluar dari lobang gua, dan mengalir membentuk cekungan di bawahnya yang nampak berwarna biru bersih.

Aliran sungai Matayangu pun nampak eksotis dimana biru muda cerah terlihat menyatu dengan bebatuan sekitar dan asrinya pepohonan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com