Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menengok Terminal Bus Giri Adipura, Terminal Bertipe A di Wonogiri

Kompas.com - 19/06/2019, 08:07 WIB
Nur Rohmi Aida,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Terminal Bus Giri Adipura menjadi salah satu lokasi yang paling ramai saat masa mudik maupun arus balik berlangsung.

Menurut penuturan Agus Hasto Purwanto selaku koordinator satuan pelayanan terminal tipe A Giri Adipura, pada puncak mudik beberapa waktu lalu, bahkan sekitar 11.000 orang tiba dan turun di terminal Giri Adipura dalam semalam.

Meski berada di tingkat kabupaten, tetapi terminal Giri Adipura merupakan terminal bus dengan tipe A yang menawarkan banyak kenyamanan.

Saat KompasTravel menengok terminal ini 13/6/2019 lalu, terminal ini terlihat bersih. Jauh dari kesan kumuh yang kerap melekat pada terminal.

Terminal Giri Adipura Wonogiri salah satu contoh terminal Tipe AKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Terminal Giri Adipura Wonogiri salah satu contoh terminal Tipe A
“Program kementerian itu kan mengutamakan pelayanan. Harapannya, penumpang yang masuk merasa nyaman. Sehingga dari sisi kebersihan, kemanan dan kenyamanan diutamakan,” tuturnya.

Agus menjelaskan sejak pengalihan P3D 2016, terminal tipe A diambilalih oleh Kemenhub sehingga pengelolaan terminal, lepas dari Dinas Perhubungan Kabupaten Wonogiri.

“Sejak pengambilalihan tersebut kementrian mulai menata sedemikian rupa. Tidak ada pedagang asongan, tidak ada pengamen, kios-kios ditata. Sehingga meski menunggu lama di terminal, pengunjung nyaman,” ujarnya kembali.

Baca juga: Panduan untuk Kamu! Ini Perbedaan Tipe Terminal A, B, dan C

Ruang Tunggu Penumpang Terminal Giri Adipura (13/06/2019)KOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Ruang Tunggu Penumpang Terminal Giri Adipura (13/06/2019)

Selain bersih, berdasarkan pengamatan KompasTravel Terminal Giri Adipura juga telah dilengkapi beberapa fasilitas seperti metal detektor, fasilitas ibadah, wifi, jalur difabel, smooking area, food court, toilet, serta ruang laktasi.

Di dekat ruang informasi, juga terlihat adanya hiasan dinding bergambarkan kendaraan bertuliskan Giri Adipura yang cocok untuk berfoto.

Hiasan Dinding di Terminal Giri Adipura, cocok untuk fotoKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Hiasan Dinding di Terminal Giri Adipura, cocok untuk foto
Menurut Agus, terminal merupakan ujung tombak yang menjadi simbol Dirjen Perhubungan Darat. Tantangan ke depanya adalah bagaimana mengubah image terminal paling tidak dengan stasiun tidak berbeda jauh terkait dengan pelayanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com