Share this page

Menyusuri Danau Tertinggi di Asia Tenggara, Gunung Tujuh

Kompas.com - 21/Jun/2019 , 16:41 WIB

Menyusuri Danau Tertinggi di Asia Tenggara, Gunung Tujuh


KOMPAS.com -
Menikmati keindahan alam Kabupaten Kerinci dari Danau Gunung Tujuh merupakan petualangan tak terlupakan.

Danau Gunung Tujuh, Jambi.https://pesona.travel Danau Gunung Tujuh, Jambi.

Danau Gunung Tujuh berada di Gunung Tujuh, di tengah keelokan alam Dataran Tinggi Kerinci, tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Jambi. Selain memiliki panorama alam yang menakjubkan, jalur yang dilalui juga jauh lebih mudah daripada Gunung Kerinci yang masih termasuk sebagai gunung aktif.

Danau seluas 960 hektare, dengan panjang 4,5 kilometer dan lebar 3 kilometer itu dikelilingi oleh tujuh gunung.

Ada Gunung Hulu Tebo (2.525 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), Gunung Madura Besi (2.418 mdpl), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis Lumut (2.350 mdpl), Gunung Selasih (2.230 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl), dan Gunung Tujuh itu sendiri (2.735 mdpl).

Pada beberapa gunung terdapat sumber air, yang menyebabkan air di danau tidak pernah habis.

Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia, yakni berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut.

Danau Gunung Tujuh merupakan tertinggi nomor dua di Indonesia setelah 13 danau-danau kecil yang terdapat di Gunung Talamau, Sumatera Barat di ketinggian 2750 mdpl.

Dengan ketinggian hampir 2 kilometer di atas permukaan laut itu, bisa dibayangkan dinginnya air Danau Gunung Tujuh pada pagi hari.

Meskipun demikian, berendam di Danau Gunung Tujuh dengan air yang sangat dingin menjadi sensasi yang tak akan ditemukan di tempat lain. Ini tantangan sekaligus kenikmatan tersendiri bagi para pendaki Gunung Tujuh.

Jalur Pendakian

Untuk menuju danau Gunung Tujuh, pengunjung harus menyiapkan diri untuk pendakian. Pendakian dimulai dari gerbang pos Taman Nasional Kerinci Seblat sampai Danau Gunung Tujuh memerlukan waktu dua sampai tiga jam.

Dari gerbang pos Taman Nasional Kerinci Seblat, ada dua pilihan jalur pendakian. Ada jalur yang lebih landai namun jarak tempuhnya lebih jauh dan jalur yang memiliki tanjakan yang curam namun jaraknya lebih dekat.

Kedua jalur itu akan bertemu dan setelah itu para pendaki harus melewati jalur menurun yang cukup tajam  sampai di tepi Danau Gunung Tujuh. Dari situ, pengunjung dapat langsung melihat salah satu danau tertinggi di Asia Tenggara tersebut.

Danau Gunung Tujuh juga digunakan penduduk lokal sebagai sumber penghidupan. Beberapa masyarakat lokal berprofesi sebagai nelayan dan mencari ikan di danau tersebut.

Jika  berkunjung ke Danau Gunung Tujuh, wisatawan bisa menyewa sampan nelayan dan mendayung menjelajahi luasnya danau.

Danau Gunung Tujuh Kerinci merupakan sebuah wisata danau yang terletak di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, tepatnya berada di lereng Gunung Kerinci, Jambi.

Taman Nasional itu merupakan wilayah flora dan fauna yang terbesar di pulau Sumatera dan merupakan wilayah yang ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Danau Gunung Tujuh Kerinci menyimpan sejuta eksotisme yang bisa membuat mata terasa segar. Kesunyian dan keindahan kabut tipis di permukaan airnya begitu menghipnotis, memberikan kenyamanan dan keindahan yang tiada duanya.

Danau Gunung Tujuh terbentuk akibat letusan Gunung Kerinci. Air yang ada di dalam danau sangat jernih dan bersih, ditambah dengan suasana yang sejuk di sekitar danau.

Selain menjadi tempat wisata favorit masyarakat Jambi, danau ini juga dimanfaatkan sebagai tempat  mencari ikan oleh warga setempat.

Baca juga artikel seru lainnya tentang Jambi berikut ini:

Kopi Kerinci, Citarasa 5 Kopi Indonesia Dalam 1 Seruput

Danau Kerinci, Keindahan Alam dan Sejarah Purba

Kelezatan Dalam Tanaman Khas Kerinci

Danau Gunung Tujuh hanya satu dari sekian banyak obyek wisata menarik di Indonesia. Telusuri yang lainnya lewat Pesona Indonesia.

 

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya