Share this page

7 Jenis Pempek Palembang Bikin Ketagihan, Lemak Nian Oi...

Kompas.com - 22/Jun/2019 , 09:33 WIB

7 Jenis Pempek Palembang Bikin Ketagihan, Lemak Nian Oi...

KOMPAS.com - Siapa yang tidak kenal dengan kenikmatan dari sepotong hidangan khas Palembang, pempek.

Sebagian besar dari kita sudah pernah menikmatinya, bukan? Nah, tahukah Anda kalau Pempek Palembang punya beberapa jenis? Beda jenis, beda juga kenikmatan yang dibawa. Padahal, bahan bakunya sama lho!.

Nah, berikut penjelasannya lebih lengkap.

Pempek Lenjer

Mungin pempek ini paling sering dan paling umum ditemui. Pempek lenjer mempunyai bentuk sesuai namanya, yaitu lenjer alias panjang. Jadi pempek lenjer artinya pempek yang dibuat dengan bentuk memanjang dan begitu sederhana.

Bahannya tetap sama, yaitu dari ikan. Pempek lenjer pun sekarang ada dua macam, yakni pempek lenjer mini dan pempek lenjer jumbo. Biasanya, pempek lenjer mini ukurannya sepertiga dari yang jumbo. Rasanya? Sama-sama nikmat.

Pempek Kapal Selam

Ini juga pasti cukup familiar untuk dicicipi. Akan tetapi apa hubungannya dengan kapal selam, ya?

Pempek kapal selam adalah jenis pempek yang menyerupai kantung. Pada bagian dalamnya diisi dengan telur. Sebutan pempek kapal selam sendiri terbilang masih baru, orang Palembang dulu menyebutnya "pempek telok besak".

Disebut demikian karena saat memasaknya dengan proses merebus, pempek ini jatuh ke dalam (air rebusan) karena tenggelam, makanya disebut kapal selam.

Selain itu, dibandingkan jenis lainnya, pempek kapal selam memang berukuran paling besar. Dengan isian telur, tak heran pempek kapal selam menjadi yang paling diincar para pecinta kuliner khas Palembang. Harga pempek kapal selam juga cenderung lebih mahal dibandingkan jenis lainnya.

Pempek Adaan

Pempek adaan atau sering juga disebut sebagai pempek bulat, juga favorit di kalangan masyarakat.

Jenis pempek ini berbentuk bulat dengan karakteristik mirip dengan bakso ikan. Biasanya orang awam makan pempek adaan serasa seperti makan bakso ikan. Sebenarnya bakso ikan teksturnya lebih lembut dibandingkan pempek adaan.

 

Pempek adaan bertekstur lebih kasar dan kenyal, sehingga bisa dibedakan secara teksturnya. Selain itu pempek adaan ukurannya lebih besar dan rasa pempeknya juga terasa khas.

Bedanya dengan jenis pempek yang lain, ada tambahan santan pada adonannya jadi memang rasanya akan lebih gurih dan biasanya lebih lembut.

Pempek Pastel

Yup, pempek ini dibentuk seperti kue pastel. Olahan pempek ini berbahan dasar sama dengan pempek lainnya, yang berbeda cuma bentuknya saja.

Pempek pastel juga mempunyai dua jenis, yakni pempek pastel isi dan tanpa isi. Pempek pastel isi, biasanya dibuat dengan meletakkan isian telur di dalamnya, namun bisa juga diberikan isian sayur seperti pepaya muda dan yang lainnya.

Namun, di kota-kota besar di luar Palembang, pempek pastel yang biasa ditemui menyerupai kapal selam mini, hanya saja isinya serutan pepaya muda.

Pempek Kulit

Bisa dibilang ini merupakan jenis pempek yang sulit untuk kita temui. Sebab pempek jenis ini hanya dijual di beberapa kedai saja di Palembang. Terbayang kan bagaimana kalau di luar Palembang?

Tenang, masih ada kok! Bukan karena harganya yang mahal, tetapi memang sedikit butuh kerumitan untuk membuatnya. Pempek kulit ini menggunakan bahan yang mirip dengan adaan. Bedanya ada tambahan kulit ikan pada adonannya sehingga biasanya warnanya pun lebih hitam. Rasanya, sama-sama enak.

Pempek Keriting

Sekilas tampilannya mirip dengan mie yang digulung atau kerupuk tapi lembek.

Jangan salah, tak ada campuran mie pada pempek jenis ini. Semua bahannya sama seperti pempek pada umumnya. Namun, dibentuk dengan sedemikian rupa sehingga menjadi seperti bola-bola mie.

Tidak hanya bentuknya yang unik dan menjadi daya tarik. Keberadaannya pun tergolong sulit untuk ditemukan. Hanya kedai-kedai pempek tertentu yang menyediakan menu pempek keriting.

Pempek Lenggang

Mungkin dari ke-enam jenis pempek di atas, ini yang paling unik dan berbeda. Itu karena proses pembuatannya yang berbeda dengan yang lainnya.

Kalau di kedai pempek di luar Palembang, pempek lenggang adalah pempek lenjer yang dipotong tipis-tipis lalu dimasukkan dalam adonan kocokan telur dadar kemudian digoreng. Sekilas memang terlihat seperti telur dadar tapi ada isinya.

Di Palembang, Pempek Lenggang berbentuk segi empat dimasak dengan cara dibakar. Adonan pempek dibakar setengah matang dalam wadah kotak yang terbuar dari daun pisang. Setelah itu, adonan setengah matang diangkat terlebih dahulu untuk dicampur dicampur dengan telur. Hmmm, rasanya sungguh nikmat!

Sebenarnya, selain jenis pempek di atas maish ada jenis lainnya. Satu yang belum tersebut, misalnya, Pempek Tunu, atau sebutan lainnya Pempek Bakar. Ini beda dengan Pempek Lenggang tadi ya.

Pempek Tunu berbentuk dua bulat pipih yang disatukan. Pada tengah-tengah bulatan pipih ada isi campuran rawit, kecap menis, dan ebi. Lalu penyajiannya dengan kuah cuko yang kental. Hmm enak juga. Pokoknya semuanya dijamin bikin ketagihan. Lemak nian oi....

Jadi, mana pempek yang paling Sobat Pesona sukai?

Baca juga artikel seru lainnya tentang dari Palembang berikut ini:

Masjid Agung Palembang, Arsitektur Tiga Budaya

Sup Bakso Ikan Teman Ngobrol Warga Palembang

Mengintip Pembuatan Kemplang Palembang yang Legendaris

Coba kelezatan ragam kuliner Indonesia yang lainnya, Dapatkan informasinya lewat Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya