Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tempat Ikonik untuk Melihat Mural di Kota Solo

Kompas.com - 23/06/2019, 17:09 WIB
Nur Rohmi Aida,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Mural atau lukisan yang memanfaatkan dinding sebagai media lukis bisa ditemui di berbagai tempat di Kota Solo.

Apabila kamu datang ke kota tempat kelahiran Presiden Jokowi ini, kamu bisa mendapati lukisan mural di beberapa tempat.

1. Koridor Gatsu

Pengunjung bersantai di koridor gatsuKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Pengunjung bersantai di koridor gatsu

Sepanjang koridor Jalan Gatsu (Gatot Subroto), Kamu bisa mendapati banyak lukisan mural yang banyak dilukis para seniman di dinding-dinding pertokoan.

Pembuatan mural di koridor Gatsu merupakan program dari "Solo is Solo" yang diadakan untuk menciptakan ikon atau destinasi wisata baru di Kota Solo.

Baca juga: 8 Kuliner yang Bisa Kamu Coba di Kota Solo Saat Malam Hari

Selain terdapat lukisan mural Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi) di sepanjang koridor Gatsu tesebut juga terdapat lukisan mural sang Maestro Keroncong Indonesia yang terkenal melalui lagu "Bengawan Solo", Gesang Martohartono alias Gesang.

Tak hanya itu, lukisan mural bertema sumpah pemuda, perjuangan, budaya anak muda zaman sekarang, pop culture (budaya populer), dan lukisan mural lain tergambar di 40 bangunan rumah toko sepanjang koridor Jalan Gatsu.

2. Kampung Joho

Seorang bocah melintas di depan lukisan mural Presiden Jokowi di Kampung Joho, Solo, Jawa Tengah, Kamis (1/3/2018).KOMPAS.com/Labib Zamani Seorang bocah melintas di depan lukisan mural Presiden Jokowi di Kampung Joho, Solo, Jawa Tengah, Kamis (1/3/2018).

Joho adalah nama kampung di Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari. Mural dibuat dari tembok ke tembok bangunan rumah warga, tepatnya di gang masuk kampung.

Mural di Kampung Joho bermula dari Marjanto, yang membuat lukisan mural bergambar Jokowi yang saat itu masih menjabat sebagai Walikota Solo.

Jokowi dalam mural itu memakai beskap dan blangkon di kepala. Di samping Jokowi ada mural tokoh pewayangan Raja Amarta, Prabu Puntadewa dan tulisan "Solo Spirit of Java" serta "Jokowi Spirit of Indonesia".

Di gang masuk kampung tersebut juga terdapat tulisan nama usaha warga Joho mulai kuliner, bisnis rumah sewa (kos), hingga jasa. Seperti bakso, soto, sate, bakmi, mie ayam, mebel, pelukis, seni tari dan sebagainya.   

3. Dinding Parapet

Lukisan mural dinding parapet Sungai Bengawan Solo di bawah jembatan Jurug, Solo, Jawa Tengah.KOMPAS.com/Labib Zamani Lukisan mural dinding parapet Sungai Bengawan Solo di bawah jembatan Jurug, Solo, Jawa Tengah.

Dinding Parapet di Sungai Bengawan Solo disulap dengan aneka seni lukisan mural. Jika awalnya dinding tersebut hanya polos, kini disulap menjadi berwarna-warni.

Lukisan mural itu mengambil tema besar "Melestarikan Air". Di dinding Parapet terdapat lukisan maestro keroncong Indonesia yang terkenal lewat lagu "Bengawan Solo", Gesang. Ada pula lukisan raja pertama Kerajaan Pajang Jaka Tingkir (Mas Karebet).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com