Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Pindahkan Rute Bandung-Bali ke Bandara Kertajati Mulai 30 Juni 2019

Kompas.com - 26/06/2019, 13:08 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai berbiaya rendah AirAsia memindahkan penerbangan domestik di Bandung dari Bandara Internasional Husein Sastranegara (BDO) ke Bandara Internasional Kertajati (KJT) di Majalengka. Perpindahan ini dilakukan mulai 30 Juni 2019 menyusul arahan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Khusus perpindahan penerbangan domestik ke Bandara Kertajati, maka ada dua jadwal penerbangan AirAsia yang akan dilaksanan di Bandara Kertajati. Penerbangan pertama adalah dari Bali ke Kertajati dengan nomor penerbangan QZ720 berangkat pukul 7.10 Wita dan sampai pukul 8.00 WIB yang dilaksanakan setiap hari.

Penerbangan ke dua adalah Kertajati ke Bali dengan nomor penerbangan QZ721, berangkat pukul 8.25 WIB dan sampai pukul 11:15 Wita dilaksanakan setiap hari.

Baca juga: 20 LCC Terbaik 2019 Versi Skytrax, AirAsia Masih Juara

Penumpang yang telah memesan tiket rute Bali-Bandung atau sebaliknya untuk jadwal keberangkatan tanggal 30 Juni 2019 dan seterusnya disarankan untuk memeriksa email dari AirAsia untuk mendapatkan notifikasi jadwal terbaru, dan diharuskan mencetak kembali boarding pass.

Perlu diketahui Bandara Kertajati di Majalengka membutuhkan waktu 2,5 -3 jam berkendara dari Bandung.

Untuk ketidaknyamanan akibat perpindahan lokasi penerbangan ini, lewat siaran pers yang diterima KompasTravel, Rabu (26/6/2019) Air Asia mengumumkan pilihan layanan kompensasi, yang dapat diakses di https://support.airasia.com.

Kompensasi terbagi menjadi tiga pilihan, pertama ubah jadwal penerbangan menjadi sebelum tanggal 30 Juni 2019, disesuaikan dengan ketersediaan kursi pesawat dari Bandara Husein Sastranegara.

Baca juga: 9 Juni, AirAsia Buka Rute Baru Lombok-Perth

Ke dua akun kredit senilai nilai pemesanan untuk pembelian tiket AirAsia berikutnya ke mana saja dengan masa berlaku 90 hari sejak diterbitkan. Jadwal keberangkatan tidak terbatas selama pemesanan dilakukan sebelum habis masa berlaku.

Ketiga adalah pengembalian uang (refund) senilai harga tiket yang telah dipesan. Konsumen dapat mengunjungi https://support.airasia.com dan pilih “Berbicara dengan AVA”. Setelah panel AVA termuat, pilih “Refund” lalu “New Refund Request”, “Airport Move Refund” dan lengkapi informasi yang dibutuhkan.

Untuk pemesanan yang dilakukan melalui agen perjalanan (travel agent), pengajuan akun kredit dan pengembalian uang hanya dapat dilakukan melalui agen perjalanan tersebut.

Selain penerbangan domestik, penerbangan internasional yang dioperasikan Air Asia masih tetap beroperasinal di Bandara Internasional Husein Sastranegara (BDO).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com