Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan "Backpacking" dari Jakarta ke Solo, Biar Kantongmu Nggak Jebol

Kompas.com - 28/06/2019, 16:10 WIB
Nur Rohmi Aida,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Solo memang kalah luas dengan Jakarta, atau dengan provinsi tetangganya yaitu DI Yogyakarta. Namun, kota ini punya akar sejarah dan budaya yang melekat kuat. Banyak hal yang bisa dieksplorasi dari Kota Solo, yang mengundang para backpacker domestik maupun mancanegara.

Tak hanya itu, Solo juga terkenal dengan harga-harga yang murah. Mulai dari makanan, transportasi, sampai akomodasi. Berikut KompasTravel menghimpun panduan backpacking ke Solo dengan biaya sehemat mungkin.

1. Kereta Ekonomi

Moda transportasi publik kereta api Kompas.com/ Luthfia Ayu Azanella Moda transportasi publik kereta api
Terdapat dua opsi kereta ekonomi dari Jakarta, yakni Gaya Baru Malam Selatan dan Bengawan. Saat ini Bengawan menduduki tarif terendah yakni Rp 74.000 sementara jika menggunakan Gaya Baru Malam Selatan Rp 98.000 (harga dicek pada 27/06/2019).

Untuk memesan kereta ini, kamu bisa menset stasiun asal di Stasiun Pasar Senen, dan tujuan akhir di Stasiun Purwosari maupun Stasiun Balapan Solo.

2. Penginapan murah

Kamar Dormitory My Studio Hotelhttp://instagram.com/mystudiohotels/ Kamar Dormitory My Studio Hotel

Ada beberapa penginapan murah di sekitaran Laweyan, Keprabon, maupun sekitar Terminal Tirtonadi dengan harga tak sampai Rp 100.000 per malam.

Kamu bisa mencarinya langsung dengan mendatangi lokasi, karena tak semua bisa dipesan secara online. Tapi jika ingin mencari penginapan yang bisa dipesan online, tentunya kamu bisa membandingkan dulu harga dari beragam situs OTA (Online Travel Agent).

3. Sewa Motor

Karena Solo kotanya tidak terlalu luas dan tidak semacet Jakarta, maka mengelilingi Solo bisa Kamu lakukan dengan menyewa motor dengan harga sekitar Rp 70.000 per hari.

Tapi jika tidak ingin menyewa, maka Kamu bisa menggunakan berbagai moda transportasi umum yang ada. Seperti Batik Solo Trans (BST), angkutan kota, atau mungkin ojek online.

4. Makan di HIK

Warung angkringan yang dapat ditemui di PRI.Kompas.com/Silvita Agmasari Warung angkringan yang dapat ditemui di PRI.

HIK merupakan sebutan angkringan yang ada di Solo. Warung HIK kerap kali menyediakan menu makanan khas berupa nasi kucing (nasi lauk suwiran bandeng) dengan harga Rp 1.000-Rp 3.000 per porsi.

Di HIK biasanya juga terdapat aneka lauk yang dijual dengan harga miring. Ada banyak warung HIK di Kota Solo, termasuk di sepanjang jalan Slamet Riyadi. Di jalan ini kalau malam ada beberapa penjual HIK dari mulai dekat Stasiun Purwosari hingga di ujung Patung Gladak.

HIK juga bisa dijumpai di gang-gang kecil sebuah perkampungan di Kota Solo. Makan di HIK adalah solusi untuk berhemat. Pun, jika tidak ingin makan di HIK, kamu juga bisa pula mencari warung-warung yang menjual nasi sayur dengan kisaran harga yang terjangkau. Biasanya seporsi nasi sayur di Solo dijual seharga Rp 5.000 per porsinya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com