Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tempat untuk Menikmati Suasana Gunung Merapi

Kompas.com - 28/06/2019, 21:00 WIB
Nur Rohmi Aida,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

 KOMPAS.com – Gunung Merapi masih berstatus sebagai gunung berapi aktif hingga hari ini. Hal ini menjadikan Merapi masih menyimpan ancaman bagi penduduk sekitar.

Namun tak terpungkiri, bahwa Gunung Merapi juga juga merupakan gunung pembawa berkah. Tanah yang subur, pasir dengan kualitas baik, juga pemandangan yang elok adalah diantaranya.

Jika datang ke Yogyakarta, Boyolali dan Magelang, ada banyak tempat yang bisa digunakan untuk mengenal dan melihat Gunung Merapi lebih dekat. Berikut ini lima tempat yang bisa kamu gunakan untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi:

1. Kali Talang

Puncak Gunung Merapi yang terlihat begitu dekat di obyek wisata Kali Talang, Klaten, Jawa Tengah.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Puncak Gunung Merapi yang terlihat begitu dekat di obyek wisata Kali Talang, Klaten, Jawa Tengah.
Obyek Wisata Kali Talang tepatnya berada di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. 

Dari tempat ini kamu bisa menikmati kegagahan Merapi dengan sangat jelas, tentunya jika cuaca tidak sedang berkabut. Alam sekitar Kali Talang masih asri, udara yang berhembus pun terasa sejuknya.

Jika berada di Obyek Wisata ini, kamu bisa berfoto di gardu pandang gardu pandang bambunya yang terlihat instagramable berpadu dengan background megahnya merapi.

Selain foto-foto, pengunjung juga bisa turun untuk melihat lebih dekat bekas aliran larva merapi yang telah mongering.

Baca juga: Rute dan Harga Tiket Obyek Wisata Kali Talang Klaten Per Juni 2019

2. Bunker Kali Adem

Salah satu lokasi Volcano tour, Bunker Kali Adem diserbu wisatawan KOMPAS.com / Wijaya Kusuma Salah satu lokasi Volcano tour, Bunker Kali Adem diserbu wisatawan

Bunker Kali Adem berada di Kinarejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman Yogyakarta.

Jika datang ke lokasi ini, kamu bisa menikmati kegagahan Merapi yang juga terlihat jelas.

Bunker Kali Adem, sejatinya sebuah tempat yang sudah dibangun sejak era colonial sebagai tempat berlindung dari bencana letusan Gunung Merapi.

Namun, bunker ini justru menyisakan kisah tragis, dimana pada letusan 2006, justru menjadi tempat dua orang tewas terpanggang akibat letusan yang kemudian membuat Bunker Kaliadem terpendam selama sekitar tiga tahun.

3. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang, Magelang Dilihat dari Spot Panorama.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Air Terjun Kedung Kayang, Magelang Dilihat dari Spot Panorama.
Air terjun ini beralamat di Jalan Ketep Pass Wonolelo, Nagrong, Ketep, Sawangan, Magelang. Pesona Kedung Kayang, selain air terjunnya yang nampak menyegarkan, juga tentang bagaimana kegagahan Gunung Merapi bisa tampak dari lokasi ini.

Terdapat spot untuk berfoto, sekaligus memandang merpai yang berpadu harmonis dengan alam dan air terjun.

Yang pasti, jika ingin datang ke Air Terjun Kedung Kayang, pastikan cuaca tidak sedang mendung supaya pemandangan yang tersaji terlihat sempurna

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com