Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Jalan-jalan di Alam 2 Jam dalam Seminggu

Kompas.com - 30/06/2019, 12:07 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan-jalan di alam terbuka punya banyak manfaat. Selain sebagai hiburan menghilangkan penat, jalan-jalan di alam nyatanya bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental seseorang.

Penelitian yang dirilis dalam jurnal Scientific Reports meneliti 20.000 orang di Inggris. Orang-orang yang menghabiskan waktu 120 menit dalam satu minggu di alam memiliki tingkat kesehatan dan kesejahteraan mental yang lebih konsisten.

Hanya satu dari dua orang yang menghabiskan waktu berjalan selama dua jam di alam yang mengatakan dirinya merasa stres dan hanya satu dari tujuh orang yang berjalan di alam mengatakan kesehatannya kurang baik.

Baca juga: 7 Wisata Alam Keren yang Harus Kamu Eksplor di Pacitan

Sebagai perbandingan, setengah dari orang yang tidak berjalan jalan di alam selama satu minggu mengaku kurang puas dengan hidupnya. Satu dari empat orang yang tidak jalan jalan di alam mengaku kesehatannya buruk.

Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa tidak harus berjalan langsung dua jam dalam seminggu. Bisa dilakukan dalam waktu singkat dengan total dua jam per minggu. Selain itu, tak perlu berlibur jauh-jauh karena berkeliling di daerah rumah juga sudah cukup untuk penelitian ini.

Kabar gembira lagi, hasil penelitian ini berlaku untuk semua jender, usia, dan lokasi tempat tinggal, bahkan untuk orang yang sedang sakit atau penyandang disabilitas. Jadi untuk sehat fisik dan mental, caranya hanya perlu jalan-jalan di alam dua jam selama satu minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com