Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghadiri Festival Teluk Jailolo, Ini Komentar Wisatawan...

Kompas.com - 02/07/2019, 09:28 WIB
I Made Asdhiana

Editor

TERNATE, KOMPAS.com - Wisatawan yang berkunjung di Festival Teluk Jailolo di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara (Malut) menyatakan apresiasinya terhadap agenda pariwisata itu, terutama dari segi kegiatan yang ditampilkan.

"Kegiatan yang ditampilkan di Festival Teluk Jailolo sangat khas dan menarik. Saya kira semua wisatawan yang menyaksikannya merasa puas dan ingin berkunjung lagi pada pelaksanaan tahun depan," kata salah seorang wisatawan asal Jakarta, Kurniawan di Ternate, Senin (1/7/2019).

Baca juga: Kebun Cengkeh Gambesi, Primadona Baru Wisata Alam Ternate

Festival Teluk Jailolo yang berlangsung 24-29 Juni 2019 merupakan agenda tahunan yang ke-11 Pemkab Halmahera Barat dan masuk sebagai salah satu dari 100 kegiatan pariwisata nasional Kementerian Pariwisata pada 2019.

Menurut dia, salah satu kegiatan yang sangat khas dan menarik yang ditampilkan pada Festival Teluk Jailolo adalah teater kuliner tradisional tujuh suku asli di Halmahera Barat yang berlangsung di kawasan kebun rempah obyek wisata Desa Idamdehe.

Baca juga: 4 Wisata Sejarah di Ternate, Kota 1.000 Benteng

Kuliner yang disuguhkan, baik berupa makanan dan minuman sangat khas dan rasanya enak, seperti ayam bakar dalam bambu, pisang santan dan air guraka yang sulit ditemukan di daerah lain.

Ia mengaku untuk menghadiri Festival Teluk Jailolo memang membutuhkan perjalanan yang cukup jauh dan biaya tiket pesawat yang cukup mahal.

Gohu ikan di Festival Teluk Jailolo 2014. Gohu ikan dibuat dari ikan tuna mentah.KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Gohu ikan di Festival Teluk Jailolo 2014. Gohu ikan dibuat dari ikan tuna mentah.
Tetapi, lanjut Kurniawan, semua terbayar dengan kepuasaan setelah menikmati berbagai kegiatan yang ditampilkan pada Festival Teluk Jailolo.

Pemkab Halmahera Barat diharapkan pada pelaksanaan Festival Teluk Jailolo tahun depan menyuguhkan kegiatan yang lebih menarik lagi. Selain itu juga menyiapkan akomodasi yang sesuai standar, bahkan kalau bisa berupa hotel berbintang.

Sebelumnya Bupati Halmahera Barat Danny Missy mengatakan, apresiasi terhadap pelaksanaan Festival Teluk Jailolo juga disampaikan oleh wisatawan mancanegara, di antaranya para fotografer wisata dari 11 negara yang hadir pada festival itu.

Pemkab Halmahera Barat optimistis melalui penyelenggaraan Festival Teluk Jailolo dapat mendongkrak jumlah kunjangan wisatawan ke daerah itu dari 250.000 orang tahun 2018 menjadi 300.000 orang tahun 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com