Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Menikmati Kota Yogyakarta secara Gratis

Kompas.com - 04/07/2019, 09:03 WIB
Nur Rohmi Aida,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Yogyakarta merupakan kota yang disebut-sebut sebagai kota pencipta rindu. Sebut saja Katon Bagaskara yang terinspirasi menciptakan lagu Yogyakarta, dimana lagu tersebut menggambarkan bagaimana Kota Jogja merupakan kota yang sangat dirindukan.

Ada banyak tempat-tempat di Yogyakarta yang bisa dijadikan pilihan untuk liburan.

Berikut ini beberapa tempat di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi secara gratis. Cocok untuk Kamu yang hanya ingin sekadar menikmati Jogja tanpa ingin menghabiskan banyak biaya:

1. Naik Odong-odong di Alun-alun Kidul

Bakso bakar di Alun Alun Kidul. Bakso bakar terbuat dari daging ayam, menjadi jajanan yang terkenal di Yogyakarta. KOMPAS.com/Silvita Agmasari Bakso bakar di Alun Alun Kidul. Bakso bakar terbuat dari daging ayam, menjadi jajanan yang terkenal di Yogyakarta.

Mengunjungi alun-alun kidul Kamu bisa menjajal odong-odong mobil yang berkerlap-kerlip. Mobil ini akan berputar-putar mengelilingi alun-alun.

Tarifnya berkisar Rp 20.000 sampai Rp 25.000 per mobil. Selain bisa berkeliling dengan mobil, Kamu juga bisa menjajal beraneka ragam makanan yang banyak dijual seperti bakso bakar atau cilok.

Saat siang hari Kamu juga bisa mencoba melewati dua pohon beringin kembar yang dipercaya bisa menolak bala dengan berjalan dengan mata ditutup.

2. Jalan-jalan Sepanjang Malioboro

Warga masyarakat bersepeda di Jalan Malioboro saat uji coba semi pedestrianKOMPAS.com / WIJAYA KUSUMA Warga masyarakat bersepeda di Jalan Malioboro saat uji coba semi pedestrian

Malioboro merupakan kawasan di Yogyakarta yang cukup terkenal sebagai tempat untuk berbelanja. Sepanjang kawasan ini terdapat beraneka rupa penjaja oleh-oleh maupun kuliner yang bisa Kamu coba.

Kamu bisa menikmati kawasan ini dengan gratis sembari berjalan kaki dan menikmati suasana sekitar yang terasa syahdu.

Kawasan Malioboro ini nantinya akan berujung di Titik Nol Kilometer Jogja. Nantinya, di sini Kamu bisa mengambil gambar-gambar tempat yang instagramable.

3. Melihat Kerlap Kerlip Lampu di Bukit Bintang

Bukit Bintang saat senja.TRIBUN JOGJA/GILANG SATMAKA Bukit Bintang saat senja.

Bukit Bintang berlokasi di Patuk, Gunungkidul. Dari bukit ini Kamu bisa mengamati bentangan alam Yogyakarta yang tersaji dengan sangat cantik.

Apalagi ketika menjelang matahari terbenam hingga malam hari tiba, lampu-lampu perkotaan kawasan Yogyakarta tersaji dengan sangat indah.

Kamu bisa menikmati bukit bintang dari sisi-sisi pinggiran pagarnya atau masuk ke dalam warung-warung kuliner yang ada.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com