Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute dan Harga Tiket Spot “Sunset” Tersembunyi Purworejo, Gunung Kunir

Kompas.com - 04/07/2019, 12:14 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

PURWOREJO, KOMPAS.com – Cuaca yang kemungkinan besar akan cerah di musim kemarau menjadikannya sebagai saat tepat untuk berburu keindahan matahari terbenam.

Jika kamu ingin berpetualang dan menjelajah tempat baru sembari menyaksikan keindahan sunset, maka Gunung Kunir di Purworejo bisa menjadi tujuan. Di sana, kamu akan mendapatkan panorama yang berbeda dari lainnya.

Baca juga: Gunung Kunir, Spot Sunset Menawan yang Tersembunyi di Purworejo

Gunung Kunir Purworejo berada di antara hamparan Pegunungan Menoreh yang membentang dari selatan ke utara, meliputi Kabupaten Kulon Progo (DI Yogyakarta), Purworejo, dan Magelang.

Lokasi Gunung Kunir terpatnya ada di Desa Benawa, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Jika ditempuh dari Kota Purworejo, waktu tempuhnya adalah sekitar satu jam dengan jarak kurang-lebih 26 kilometer.

Rute ke Gunung Kunir: Jangan Langsung Percaya Google Maps

Memang saat ini sudah ada aplikasi penunjuk arah seperti Google Maps. Namun saat menuju Gunung Kunir, hendaknya kamu tidak langsung percaya dengan aplikasi itu karena akan dilewatkan rute yang bahkan tidak ada.

Saat KompasTravel berkunjung ke Gunung Kunir pada Sabtu (29/6/2019) lalu, rutenya hanya satu yakni melalui Balai Desa Benowo atau dari selatan. Sementara rute berdasarkan Google Maps adalah lewat utara, padahal tidak ada akses jalan dari arah utara.

Jangan Ikuti Rute Menuju Gunung Kunir Ini.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Jangan Ikuti Rute Menuju Gunung Kunir Ini.

Jika ingin menuju Gunung Kunir, maka tujuan pertamamu ialah Balai Desa Benowo. Jika dari Kota Purworejo, maka pertama-tama ambillah rute Purworejo menuju Kecamatan Samigaluh via Kecamatan Loano.

Cukup ikuti jalan utama ke arah timur sejauh sekitar 18 kilometer atau kurang-lebih 35 menit. Kemudian belok kiri dan tinggalkan jalan utama Purworejo-Samigaluh. Perjalananmu akan memasuki jalan desa yang terbuat dari cor.

Baca juga: Pemburu Senja, Cobalah Pergi ke Bukit Widodaren di Wonogiri

Ikuti jalan utama tersebut sekitar empat kilometer. Kondisi jalan selain terbuat dari cor, juga cukup menanjak. Di beberpa titik, bisa jadi kamu hanya bisa menggunakan gigi 1 agar kendaraan kuat menanjak.

Ke Gunung Kunir, ke Balai Desa Benowo terlebih dahulu.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Ke Gunung Kunir, ke Balai Desa Benowo terlebih dahulu.

Sesampainya di Balai Desa Benowo, perjalanan menuju area parkir Gunung Kunir sudah tidak lagi jauh. Telah tersedia pula plang penunjuk arah menuju Gunung Kunir sehingga arahnya tidak lagi membingungkan.

Jika ditempuh dari Yogyakarta, maka hampir sama dengan rute dari Purworejo yakni melewati Jalan Samigaluh-Purworejo. Usai melaju sekitar 19 kilometer, belok kanan di jalan desa dari cor. Jalan desa ini sama dengan rute yang ditempuh dari Kota Purworejo.

Harga Tiket Masuk Gunung Kunir

Tidak butuh biaya besar untuk bisa menikmati pesona matahari terbenam di Gunung Kunir. Bahkan saat ini untuk masuk di kawasan Gunung Kunir tidak dipungut biaya sama sekali. Saat kunjungan KompasTravel, Sabtu kemarin (29/6/2019), tidak ada petugas jaga.

Menurut salah satu pemilik warung di depan Balai Desa Benowo, saat ini wisata Gunung Kunir memang tidak dikelola dengan baik. Hal itu karena minimnya kunjungan karena akses jalan menuju Desa Benowo yang cukup menanjak terjal.

Seorang pengunjung menikmati momen sunset yang tersaji di Puncak Gunung Kunir Purworejo.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Seorang pengunjung menikmati momen sunset yang tersaji di Puncak Gunung Kunir Purworejo.

Dulu saat masih baru diresmikan, harga tiket masuk ke Gunung Kunir hanya berkisar antara Rp 5.000 saja. Namun, kini wisata Gunung Kunir seolah terbengkalai sehingga untuk sementara pengunjung tidak dipungut biaya.

Meski demikian, Gunung Kunir masih aman dikunjungi. Jalan setapak masih bagus dan tidak licin. Masyarakat sekitar, terutama anak muda juga masih cukup sering berkunjung saat sore hari.

Baca juga: Tanjung Kesirat, Tempat Terbaik Menikmati “Sunset” di Gunungkidul

Keindahan matahari terbit dan terbenam juga masih senantiasa tersaji di puncak Gunung Kunir Purworejo ini. Kamu juga bisa berkemah untuk menikmati suasana malam atau memotret langit bertabur bintang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com