Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bedanya kalau Kamu Pakai Feri dari Pelabuhan Merak Eksekutif

Kompas.com - 06/07/2019, 08:07 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak akhir 2018, para pejalan yang ingin menyeberang dari Merak, Banten ke Bakauheni, Lampung punya alternatif pelabuhan untuk menyeberang.

PT ASDP Indonesia Ferry mengoperasikan dermaga eksekutif dengan fasilitas yang mumpuni dibanding dermaga reguler atau yang sebelumnya telah lama beroperasi.

Berikut adalah detail perbedaan menyeberang ke Bakauheni lewat Pelabuhan Merak Eksekutif Sosoro dengan pelabuhan reguler atau yang biasa:

1. Fasilitas Mumpuni

Di Pelabuhan Merak Eskekutif Sosoro fasilitasnya terbilang mewah. Bangunan ini tampak layaknya mal, dengan berbagai gerai minimarket dan restoran. Gedung sangat bersih dilengkapi pendingin ruangan.

Untuk menuju kapal, penumpang melewati garbarata yang tersambung langsung dari gedung ke kapal. Rencananya juga akan dibangun hotel di lantai tiga pelabuhan ini.

Sedangkan pelabuhan reguler, fasilitasnya terbilang sederhana, tidak semewah dan sebersih di pelabuhan eksekutif.

2. Beda Operator Kapal

Hanya kapal ASDP yang beroperasional dari Pelabuhan Merak Eskekutif Sosoro. Sedangkan pada pelabuhan reguler lain, kapal swasta lain yang beroperasional. Dari dua pelabuhan ini, kapal Merak-Bakauheni berangkat 24 jam, setiap dua jam sekali dari Pelabuhan Merak.

3. Beda Harga Tiket

Tentunya dengan fasilitas yang mumpuni, tiket kapal ASDP dari Pelabuhan Merak Eskekutif Sosoro lebih mahal dibanding tiket kapal lain dari pelabuhan reguler.

Per Juli 2019 tiket kapal dari Pelabuhan Merak Eskekutif Sosoro ke Bakauheni untuk orang dewasa adalah Rp 50.000 sedangkan anak-anak Rp 34.000. Untuk mobil yang menyeberang harga tiket Rp 570.000, termasuk semua penumpang di dalam mobil.

Sedangkan harga tiket di Pelabuhan Merak reguler ke Bakauheni adalah Rp 15.000 per orang, dan Rp 374.000 per mobil sudah termasuk penumpang di dalam.

4. Cara Beli Tiket yang Berbeda

Di Pelabuhan Merak Eskekutif Sosoro tiket kapal bisa dibeli di online yakni di alamat www.indonesiaferry.co.id atau langsung di pelabuhan. Sedangkan di pelabuhan reguler tiket hanya dapat dibeli langsung di pelabuhan.

5. Waktu Tempuh Kapal yang Berbeda

Lama perjalanan kapal ASDP yang berangkat dari Pelabuhan Merak Eskekutif Sosoro ke Pelabuhan Bakauheni adalah satu jam. Sedangkan kapal di pelabuhan reguler sekitar dua jam perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com