Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karya Ilustrator Ini Bikin Ngiler, "Menikmati" Kuliner Indonesia Versi Animasi

Kompas.com - 10/07/2019, 06:49 WIB
Retia Kartika Dewi,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kuliner Nusantara memang memiliki daya tarik sendiri. Tak terkecuali bagi para pekerja seni.

Seperti yang dilakukan seorang ilustrator ini.

Salah satu ilustrator asal Indonesia, Alfeus Yuliant Christie, membuat karya kuliner nusantara dalam versi kartun dan animasi.

Karya Alfeus ini awalnya dibagikan seorang pengguna Twitter, Indro Moektiono, @indiedo, mengunggah video animasi pembuatan bubur ayam karya Alfeus pada Senin (8/7/2019).

Dalam video berdurasi 48 detik itu, terlihat pedagang bubur ayam sedang meracik semangkok bubur ayam, seperti menyiduk bubur, memberikan kuah, kecap, dan menaburi ayam di atas mangkok.

Unggahan ini diapresiasi lebih dari 10.000 pengguna dan dibagikan ulang lebih dari 8.600 kali.

Karya animasi Alfeus membuat sejumlah warganet memberikan respons positif dan memujinya.

Bahkan, ada warganet yang menyebutkan karyanya mirip dengan animasi garapan Studio Ghibli, stuido film animasi ternama di Jepang.

Saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/7/2019), Alfeus mengaku karya itu dibuatnya sambil mengasah kemampuan dan berlatih.

"Mula-mulanya sih saya hanya ingin menambah karya dan sembari latihan, karena (saat itu) saya belum pernah menggambar makanan, dan baru mulai nyoba animasi," ujar Alfeus saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/7/2019).

Sebelumnya, Alfeus pernah menggambar beberapa kuliner Nusantara, seperti mi bakso, sate ayam, tahu tempe goreng, es campur, dan soto ayam yang kemudian diunggah di akun Instagram-nya @harousel pada Oktober 2018.

Menariknya, beberapa karya tersebut disukai oleh warganet hingga satu post-nya mendapatkan like sebanyak lebih dari 8.000 kali.

"Banyak reaksi yang menyukai karya saya, jadi akhirnya keterusan buat karya tentang makanan Indonesia. Dan mulai dari situ saya berencana membuat yang lain satu per satu," ujar Alfeus.

Pada Februari 2019, Alfeus mengunggah ilustrasi nasi tumpeng dan mi instan. Kreasi gambarnya pun meningkat hingga ia membuat animasi bubur ayam pada Senin (8/7/2019).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

?Your Daily Dose of Food series? - Bubur Ayam animated by myself music by @mandykowara Bubur ayam is a Chinese-Indonesian chicken congee. It is ricecongee with shredded chicken meat served with some condiments, such as chopped scallion crispy fried shallot, celery, tongcay(preserved salted vegetables), fried soybean, Chinese crullers (known as cakwe in Indonesia), and both salty and sweet soy sauce, and sometimes topped with yellow chicken broth and kerupuk (Indonesian-style crackers). #buburayam #bubur #indonesia #indonesianfood #foods #foodie #foodies #foodpic #foodpics #foodlover #foodlovers #foodgram #foodart #foodheaven #kulinerindonesia #kulinerenak #kuliner #kulinermurah #kulineran #fotd #foodaddict #makanenak #art #animation #artoninstagram #artoftheday

A post shared by Alfeus Christie (@harousel) on Jul 7, 2019 at 7:22pm PDT

Kemiripan dengan Studio Ghibli

Meski digadang-gadang karyanya mirip dengan animasi dari Studio Ghibli, Alfeus mengaku Studio Ghibli merupakan salah satu inspirasinya dalam berkarya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com