Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KLARIFIKASI] Daftar Menu di Kelas Bisnis Garuda Pakai Tulisan Tangan

Kompas.com - 15/07/2019, 20:30 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan di Instagram Story seorang pengguna Instagram, @rius.vernandes, viral di media sosial.

Ia membagikan foto daftar menu makanan kelas bisnis di maskapai penerbangan, Garuda Indonesia, yang menggunakan tulisan tangan.

Unggahan ini dibagikannya pada Sabtu (13/7/2019).

Adapun pihak PT Garuda Indonesia Tbk membantah bahwa foto yang beredar merupakan foto menu di kelas bisnis Garuda Indonesia.

Narasi yang beredar

Berdasarkan foto yang tersebar, tertulis menu seperti Appetizer, Main Course, dan Dessert.

Akun @rius.vernandes menuliskan, menu tersebut dibagikan pada penerbangan kelas bisnis Garuda Indonesia relasi Sydney-Denpasar.

"Menu yang dibagiin tadi di Business Class @garuda.indonesia tadi dari Sydney-Denpasar. Menunya masih dalam proses percetakan, pak," tulis Rius dalam unggahannya.

Baca juga: Viral Daftar Menu di Kelas Bisnis Garuda Pakai Tulis Tangan, Benarkah Begitu?

Penelusuran Kompas.com

Untuk mengklarifikasi informasi ini, seperti pada pemberitaan Kompas.com, Minggu (14/7/2019), VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, M. Ikhsan Rosan membantah jika kartu menu tulisan tangan yang diunggah Rius Vernandes merupakan kartu menu milik Garuda Indonesia yang sengaja dibagikan untuk penumpang kelas bisnis.

"Jadi sebenarnya itu bukan (kartu menu). Kita punya kartu menu, cuma yang difoto itu catatan awak kabin pribadi. Itu kan tulis tangan, catatan pribadi awak kabin. Nah pertanyaannya kenapa dia share itu sebagai kartu menu, begitu," ujar Ikhsan kepada Kompas.com, Minggu.

Adapun pihak Garuda Indonesia telah mengklarifikasi hal ini kepada yang bersangkutan. Namun, pihaknya belum mendapat keterangan pasti mengenai asal kartu menu yang ditulis tangan itu.

"Enggak tahu dari mana dia dapat. Dan kalau misalnya itu kartu menu kan harusnya penumpang lain juga, tapi enggak ada yang lain share. Itu juga jadi pertanyaan kami dari mana dia dapat itu dan mengapa dia share," ujar Ikhsan.

Baca juga: Kartu Menu di Kelas Bisnis Garuda Pakai Tulis Tangan, YouTuber Ini Beri Bukti Video

Pihak Garuda Indonesia meminta maaf atas kesalahpahaman yang terjadi dan memastikan bahwa pihaknya telah menyediakan kartu menu sesuai standar kelas bisnis.

Minta maaf

Selain itu, Rius Vernandes juga mengunggah foto yang menunjukkan ruang customer service milik Garuda Indonesia.

Ia menyebutkan, pihak Garuda Indonesia telah meminta maaf.

"Intinya Garuda Indonesia minta maaf soal ini. Aduh asli gue juga enggak marah atau gimana. Gue cuma sedang menjalankan job gue sebagai reviewer pesawat. Share apapun yang terjadi di pesawat, gitu doang," tulis Rius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com