Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand Rencanakan Wajib Asuransi Bagi Wisatawan Mancanegara

Kompas.com - 16/07/2019, 14:08 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

Sumber Telegraph

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelancong yang berkunjung ke Thailand, tengah direncanakan untuk membayar biaya asuransi pada awal kedatangan.

Office of Insurance Commission (OIC) Thailand mencanangkan setiap wisatawan yang tiba di Thailand harus membayar biaya asuransi sebesar 20 Bath atau setara Rp 10.000 di Bandara untuk masa perlindungan 30 hari.

Biaya asuransi tersebut hanya untuk menanggung kematian dengan biaya ganti rugi sebesar 1 juta Bath atau setara Rp 452 juta. Namun biaya asuransi tersebut tidak menanggung biaya kecelakaan atau sakit selama berada di Thailand.

Sampai saat ini rencana biaya asuransi untuk wisatawan masih menunggu persetujuan dari Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand. Apabila sudah disetujui, maka aturan ini akan berlaku mulai tahun ini.

Baca juga: Jangan Lakukan Ini kalau Kamu Liburan ke Thailand

Asuransi perjalanan bagi wisatawan ke Thailand diharapkan dapat menunjang kepercayaan para pelancong untuk berwisata di Negeri Gajah Putih tersebut.

Sebab kecelakaan di Thailand, khususnya di jalan, termasuk tinggi. Sekitar 5.500 pengendara sepeda motor meninggal setiap tahun di Thailand. Jalanan Thailand disebutkan sebagai urutan ke dua paling mematikan di dunia.

Tak hanya itu, banyaknya olahraga ekstrem dan kecelakaan fatal di tempat wisata di Thailand juga dinilai penting.

Seperti kasus dua kapal wisata yang tenggelam di Phuket membuat 47 orang turis China meninggal dunia pada 2018 atau seorang turis Kanada jatuh saat terbang gantung dengan zipline.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com