Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Berburu “Sunset” di Gunung Kunir Purworejo

Kompas.com - 17/07/2019, 07:00 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

PURWOREJO, KOMPAS.com – Musim kemarau di sebagian wilayah Indonesia antara akhir Mei sampai September merupakan saat yang tepat untuk berburu keindahan matahari terbenam.

Bagi masyarakat Purworejo dan sekitarnya, ada banyak tempat untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Itu karena ada beberapa pegunungan yang merupakan salah satu tempat terbaik berburu sunset.

Baca juga: Gunung Kunir, Spot Sunset Menawan yang Tersembunyi di Purworejo

Gunung Kunir yang ada di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah menjadi satu lokasi terbaik untuk menyaksikan panorama matahari terbenam.

Jika kamu hendak berburu sunset di sana, simak 4 tips berikut ini:

1. Jangan langsung percaya Google Maps

Saat ini teknologi memang sudah maju. Hadirnya aplikasi penunjuk jalan seperti Google Maps memang memudahkan kamu saat ingin berkunjung ke suatu tempat. Cukup set lokasi tujuan, aplikasi itu akan langsung menuntunmu.

Jangan Ikuti Rute Menuju Gunung Kunir Ini.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Jangan Ikuti Rute Menuju Gunung Kunir Ini.
Namun menuju Gunung Kunir Purworejo, kamu hendaknya tidak langsung mengatur lokasi itu saat akan berangkat. Jika melakukannya, kamu akan melewati jalan yang ekstrem. Bahkan, bisa jadi jalan yang akan kamu lalui malah tidak ada.

Baca juga: Rute dan Harga Tiket Spot “Sunset” Tersembunyi Purworejo, Gunung Kunir

Menurut penelusuran KompasTravel saat berkunjung ke Gunung Kunir pada Hari Sabtu (29/06/2019) lalu, rute termudah sampai ke sana adalah melalui Balai Desa Benowo terlebih dahulu. Oleh karena itu, set tujuan awalmu di Balai Desa Benowo terlebih dahulu.

2. Pastikan kendaraan fit dan kuat menanjak

Lokasi Gunung Kunir berada di tengah hamparan Pegunungan Menoreh yang membentang di antara Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah.

Oleh karena itu, jalan yang akan kamu tempuh nantinya berada di kawasan pegunungan. Tanjakan dan tikungan akan cukup akrab kamu jumpai menuju Gunung Kunir.

Hendaknya kamu mempersiapkan mental untuk melewati jalan dengan kondisi tersebut.

Baca juga: Tanjung Kesirat, Tempat Terbaik Menikmati “Sunset” di Gunungkidul

Selain mental, kendaraan juga harus kuat menanjak. Kondisi jalan juga cukup sempit sehingga lebih nyaman jika mengendarai sepeda motor.

Selain kuat menanjak, pastikan komponen kendaraan seperti rem dalam keadaan prima.

3. Datang sekitar pukul 15.00 WIB

Momen matahari terbenam pada bulan Juni-Juli 2019 di Kabupaten Purworejo adalah sekitar pukul 17.30 WIB. Meski demikian, kamu lebih baik jika sudah sampai di Gunung Kunir pada pukul 15.00 WIB.

Hamparan Pegunungan Menoreh dengan Gunung Trajumas yang menjulang tinggi dan Gunung Merapi di ufuk timur dilihat dari Gunung Kunir Purworejo.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Hamparan Pegunungan Menoreh dengan Gunung Trajumas yang menjulang tinggi dan Gunung Merapi di ufuk timur dilihat dari Gunung Kunir Purworejo.
Itu karena pemandangan yang tersaji di Gunung Kunir begitu menawan. Dengan datang sekitar pukul 15.00 WIB, kamu tidak hanya akan lebih puas menikmati keindahan lanskap dan suasana dari ketinggian.

Kamu juga bisa beristirahat usai menempuh perjalanan jauh.

Baca juga: Waduk Cengklik, Tempat Menanti Keindahan “Sunset” Terbaik di Boyolali

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com