Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena "Topi Awan" Gunung Rinjani Jadi Latar Swafoto

Kompas.com - 17/07/2019, 12:37 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Editor

Sumber Antara

MATARAM - Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, terkenal sebagai gunung dengan pemandangan terindah di Indonesia. Terlebih lagi baru-baru ini ada fenomena "topi awan" berwarna putih tebal yang melingkari puncaknya.

Fenomena tersebut terbilang langka, sehingga menjadi obyek foto dan selfie masyarakat sekitarnya.

"Awan putih yang melingkari puncak Gunung Rinjani kali ini, memang benar-benar sempurna," kata Rosidin, salah satu warga Sembalun Lawang di Lombok Timur kepada ANTARA.

Warga menyaksikan fenomena topi awan yang melingkari puncak hingga lereng Gunung Rinjani, di Lombok, NTB, Rabu (17/7/2019. ANTARA/Rosidin/aa Warga menyaksikan fenomena topi awan yang melingkari puncak hingga lereng Gunung Rinjani, di Lombok, NTB, Rabu (17/7/2019.

Rosidin mengabadikan momen tersebut dari rumahnya. Kemudian ia menuju "rest area" Sembalun Lawang yang merupakan lokasi pas untuk mengambil foto Gunung Rinjani secara keseluruhan. Di sana, ternyata sudah banyak warga yang berfoto ria.

Rosidin menuturkan lingkaran awan putih itu berlangsung sejak pukul 07.00 Wita sampai 09.30 Wita.

"Bahkan warna dan ketebalannya berganti-ganti," katanya.

Baca juga: Kisah Penemuan Durian Si Gundul di Kaki Gunung Rinjani

Hal senada dikatakan Nur Saat, warga Desa Senaru, Lombok Utara yang juga melihat fenomena alam itu. Biasanya "topi awan" tersebut sering terbentuk namun bentuknya tidak sempurna dan tidak berlangsung lama.

"Saya semula dikirim foto saja, tapi setelah dilihat memang benar-benar sempurna bentuknya. Banyak yang swafoto melihat fenomena awan itu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com