Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Kapal Pesiar Sungai dan Kapal Pesiar Laut

Kompas.com - 17/07/2019, 17:08 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini kapal pesiar selalu identik mengarungi lautan dan samudera luas. Selain itu, sebenarnya kapal pesiar juga mengarungi sungai-sungai besar dunia. Meskipun sama sama kapal pesiar, kapal pesiar laut dan kapal pesiar sungai sebenarnya berbeda.

"Kalau di laut pemandangan yang dilihat sepanjang jalan laut, tetapi kalau di sungai pemandangan yang dilihat beragam, bagian tepi kanan dan kiri berbeda. Ini yang menjadi selling point," kata General Sales Agencies Business Development Manager Avalon Waterways, Ray Smith di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Smith menyebutkan kapal pesiar sungai banyak berfokus mengarungi sungai-sungai besar di Eropa.

Ada banyak kastil dan desa-desa kuno yang dapat dilihat sepanjang perjalanan dengan kapal pesiar sungai.

Menurutnya, banyak peradaban yang dimulai dari sungai.

Untuk itu biasanya penumpang kapal pesiar sungai lebih suka menghabiskan waktu di atas dek kapal, untuk melihat pemandangan darat secara keseluruhan.

Hal lain yang membedakan adalah fasilitas di kapal. Kapal pesiar laut biasanya memiliki rumah sakit, kasino, pertunjukkan di malam hari.

Beda hal dengan kapal pesiar sungai yang tidak memiliki fasilitas tersebut. Selain berukuran lebih kecil, waktu penumpang kapal pesiar sungai banyak dihabiskan di darat.

"Oleh karena kapal pesiar sungai lebih kecil, maka lebih mudah bersandar ke darat. Tidak seperti kapal pesiar laut yang kadang harus turun lagi dengan kapal kecil," jelas Smith.

Kapal pesiar sungai ia ibaratkan sebagai boutique hotel di tengah sungai yang menjadi tempat beristirahat dan bersantap para penumpang.

Selanjutkan kapal pesiar sungai menurut Smith cocok bagi yang mudak mabuk perjalanan. Wisatawan tak perlu takut ombak di sungai yang umumnya lebih tenang ketimbang kapal pesiar lautan.

"Untuk penumpang, kapal pesiar sungai juga lebih sedikit karena kapasitasnya lebih kecil dibanding kapal pesiar laut. Sehingga ketika proses keluar masuk tidak perlu antre lama, paling lama hanya butuh waktu 15 menit," jelas Smith.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com