Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kopi Dinodok Curi Perhatian Wisatawan Festival Pesona Bunaken 2019

Kompas.com - 18/07/2019, 10:51 WIB
Mico Desrianto,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi


Kompas.com -
Semerbak aroma Kopi Dinodok berhasil curi perhatian wisatawan yang tengah menikmati gelaran Festival Pesona Bunaken 2019.

Hal tersebut diutarakan Ketua Tim Kurator Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata, Don Kardono, saat mengikuti festival yang berlangsung 17 hingga 20 Juli 2019 tersebut.

"Usai pembukaan festival, stand Kopi Dinodok langsung diserbu pengunjung," papar Don sesuai rilis yang Kompas.com terima, Kamis (18/7/2019).

Don menjelaskan, hal tersebut menjadi bukti jika kuliner dapat menarik wisatawan berkunjung ke Sulawesi Utara (Sulut) selain budaya dan alamnya.

Baca juga: Kemenpar Gelar Pelatihan Khusus Pemandu Selam di Manado

"Apalagi kopi merupakan salah satu komoditas kuliner Indonesia yang punya cita rasa khas di masing-masing daerah," terang Don.

Sebagai informasi, Kopi Dinodok merupakan produk unggulan dari Kotamobagu. Dalam proses pengelolaannya pun sudah menggunakan peralatan modern dan telah bersertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kopi Dinodok sendiri menjadi salah satu produk lokal yang dihadirkan dalam pameran produk unggulan daerah di Manado Town Square.

Lebih jauh Don menjelaskan, pameran tersebut dihadirkan sebagai bentuk dukungan terhadap produk lokal dengan memanfaatkan momen Festival Pesona Bunaken 2019.

Baca juga: Menpar: Wisata Manado Berkelas Dunia!

Ihwal pernyataan Don turut diakui Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menurutnya, gelaran event wisata merupakan momen tepat untuk mengenalkan seluruh potensi daerah seperti budaya, seni, kerajinan dan kuliner.

Dengan melakukan ahl tersebut, lanjut Menpar, menjadi rotor penggerak perekonomian yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar.

"Para UMKM dapat memasarkan produknya di acara tersebut, termasuk juga para pedagang kecil yang ikut meramaikan acara," jelas Menpar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com