Share this page

Nakula Sadewa Edu Park, Destinasi Wisata Sekaligus Tempat Berkarya

Kompas.com - 20/Jul/2019 , 15:32 WIB

Nakula Sadewa Edu Park, Destinasi Wisata Sekaligus Tempat Berkarya

KOMPAS.com - Destinasi wisata di Muntilan, Magelang, Jawa Tengah terus mengalami perkembangan. 

salah satunya adalah Nakula Sadewa Education Park, taman yang berisi obyek patung raksasa, miniatur keajaiban dunia, kebun binatang mini, dan ruang kreatif yang sudah mulai dioperasikan sejak 2018.

Nakula Sadewa Edu Park memiliki area seluas 2 hektar. Di sana, pengunjung tidak hanya diajak menikmati paduan karya seni alam. Namun juga mendapatkan pengetahuan tentang karya seni dalam taman yang cukup teduh.

Konsep

Nakula Sadewa Edu Park terletak di Jalan Raya Jogja-Magelang, Dusun Batikan Desa Pabelan Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Tempat ini cukup mudah ditemukan karena letaknya persis di pinggir jalan.

Sebagai sebuah destinasi, tempat parkirnya juga cukup luas, mampu menampung puluhan mobil dan ratusan kendaraan bermotor. Tiket yang dibanderol terjangkau, seharga Rp 20.000 untuk satu kali masuk.

Masuk ke dalam Nakula Sadewa Edu Park, pengunjung langsung disambut pemandu yang akan menemani untuk menikmati banyak obyek seni menarik. 

Pada tiap titik obyek seni, mereka akan menjelaskan mulai dari proses pembuatan patung, sosok, sejarah, hingga untuk apa objek itu dibuat. Menurut Nyoman Ali Mustofa, konsep ini adalah bagian dari wisata edukasi Nakula Sadewa.

"Kan sesuai namanya, Nakula Sadewa Edu Park. Di lokasi wisata ini tak hanya berwisata, foto-foto saja, sudah terus pulang, tetapi kami ajak mereka bisa langsung melihat praktik pembuatan karya seni pahat batu dan lainnya. Mereka kami ajak membuat artwork yang hasilnya bisa dibawa pulang dengan dicetak langsung menggunakan alumunium," jelasnya.

Salah satu patung yang dipamerkan di Nakula Sadewa Edu Park.https://pesona.travel Salah satu patung yang dipamerkan di Nakula Sadewa Edu Park.

Berada di dalam Nakula Sadewa cukup surprise karena obyek seni berupa patung-patung raksasa diletakkan di atas rumput dengan pohon-pohon berukuran sedang dan besar. Bahkan ada beberapa obyek yang tampak bersahabat dengan akar atau belukar.

Di Nakula Sadewa Edu Park, tidak hanya obyek patung pahlawan, sosok dalam kepercayaan Hindu-Buddha juga ada. Misalnya, Lembuswana, makhluk mitologi tunggangan Raja Mulawarman. Ada juga miniatur keajaiban dunia seperti Angkor Wot yang menyatu dengan belukar, atau Pagoda Emas yang bersebelahan dengan miniatur Candi Borobudur.

Pengunjung juga boleh berenang pada kolam yang disediakan. Kolam itu tak luput dari pemasangan ornamen tokoh-tokoh sejarah lho. Kalau tak mau berenang, sekadar bersantai sambil melihat kebun binatang mini usai berkeliling bersama pemandu juga bisa dilakukan.

Menciptakan karya

Ada dua ruang yang disediakan untuk pengunjung yang ingin mencoba membuat kreasi patung di Nakula Sadewa Edu Park. Di ruang yang terdapat di dua sudut taman, pengunjung tidak hanya bisa melihat seniman sedang bekerja memahat patung, namun juga bisa membuatnya sendiri.

Pengunjung bisa memilih sendiri, apakah ingin mencoba membuat karya dari tanah liat atau berbahan logam. Namun untuk mencobanya harus membeli tiket terusan yang harus ditebus dengan kocek Rp 25.000 - Rp 100.000.

Yuk, baca artikel seru lainnya tentang Jawa Tengah berikut ini:

Brown Canyon, Kemegahan Tebing dan Tonggak Batu Gersang

Saloka Theme Park, Taman Rekreasi Terbesar di Semarang

Jamu, Minuman Berkhasiat Tradisi Turun Temurun

Temukan obyek wisata lain di Indonesia yang tak kalah menarik. Telusuri informasinya dalam Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya