Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Rajin Minum Jamu, Ini Bukti Jamu Minuman Asli Orang Indonesia

Kompas.com - 23/07/2019, 20:16 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo merilis vlog terbaru berjudul "Bugar dengan Jamu" dalam vlog tersebut ia menjelaskan kebiasaanya untuk meminum jamu di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Jamu yang ia minum adalah cempuran temulawak, jahe, dan kunyit. Jokowi mengaku rutin minum jamu sejak 17-18 tahun lalu

"Saya rasakan memberi manfaat yang baik untuk kebugaran tubuh," jelasnya.

Kebiasaan Jokowi minum jamu ini sebenarnya sudah dilakukan leluhur orang Indonesia sejak dahulu.

Pemerhati Kuliner Indonesia, peneliti pangan UGM, dan penulis buku kuliner Prof. Dr. Murdijati Gardjito saat dihubungi KompasTravel, Selasa (23/7/2019) menyebutkan bahwa banyak bukti yang mengukuhkan jamu adalah produk asli Indonesia.

"Jamu ini adalah local wisdom, pengetahuan asli Indonesia. Buktinya banyak, pertama ada di relief Candi Borobudur yang berarti sudah ada dari abad ke delapan," kata Murdijati

Pada relief Karmawibhangga digambarkan ada orang yang kepalanya sakit dan dipijat orang, dengan orang lain memegang mangkok seperti ramuan. Relief lainnya menggambarkan orang sakit tersebut sembuh.

Bukti kedua adalah Serat Centhini. Di buku tersebut tercatat berbagai penyakit dan keluhan kesehatan dan obat untuk mengatasinya. Orang Jawa juga punya primbon Betaljemur Adamakna, yang memuat mengenai jamu.

"Dari catatan pribadi juga banyak, bukan cuma masyarakat umum tetapi bangsawan seperti putri keraton atau sultan," jelas Murdijati

Ditambah catatan orang China dan Belanda yang datang ke Indonesia dan mendokumentasikan jamu semakin menguatkan bahwa jamu adalah produk asli Indonesia.

"Jamu adalah minuman unggulan Indonesia yang tidak ada duanya, satu satunya di dunia," kata Murdijati.

Ia mengatakan harusnya orang Indonesia bangga dengan jamu, sebelum akhirnya diklaim oleh negara lain.

Jamu menurut Murdijati adalah penjaga kesehatan bangsa yang bahan-bahannya didapat langsung di lingkungan tempat tinggal orang Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com