Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Tematik Jamu, Coba ke 3 Tempat Ini

Kompas.com - 24/07/2019, 14:14 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamu jadi minuman asli Indonesia yang diandalkan untuk memelihara kesehatan. Uniknya jamu tidak hanya bisa diminum, tetapi juga menarik untuk diselami lebih dalam.

Baca juga: Jokowi Rajin Minum Jamu, Ini Bukti Jamu Minuman Asli Orang Indonesia

Jamu berhasil menjadi produk budaya di beberapa daerah Indonesia. Mulai dari dusun jamu sampai tempat pengobatan jamu modern yang direkomendasikan oleh Pemerhati Kuliner Indonesia, peneliti pangan UGM, dan penulis buku kuliner Prof. Dr. Murdijati Gardjito dihubungi KompasTravel, Selasa (23/7/2019). Berikut ini:

1. Pasar Jamu Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah

Sukoharjo dicanangkan sebagai destinasi wisata jamu oleh Kemenko Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Bukan tanpa alasan di Sukoharjo terdapat usaha jamu lengkap dari hulu ke hilir. Bahkan salah satu pasar yakni Pasar Nguter dijuluki sebagai pasar jamu.

Baca juga: 8 Jenis Jamu yang Selalu Dijual oleh Mbok Jamu Keliling

Pasar ini menjual berbagai bahan jamu lengkap dengan segala perlengkapan untuk memulai usaha jamu.

"Di pasar ini dari botol, selendang, bakul jmu, semua lengkap. Sampai bahan buat jamu semaunya. Pulang dari pasar sudah bisa langsung jadi mbakyu jamu," kata Murdijati. 

2. Dusun Kiringan, Yogyakarta

Dusun Kiringan terletak di Kecamatan Jetis Bantul. Dusun ini sangat unik lantaran banyak penduduknya adalah penjual jamu. Dari yang tua sampai muda, dari yang menjual dengan gendongan, sepeda, sampai sepeda motor.

Baca juga: Cia Po, Jamu Tionghoa yang Disantap sebagai Lauk

Di dusun ini siapapun boleh belajar membuat jamu, sembari menikmati suasana desa yang asri dengan Sungai Opak yang membentang di desa.

3. Hortus Medicus, Tawangmangu Solo

Terdapat kantor Diklat Balai Pelatihan dan Pengembangan Tanaman Obat Tradisional di Tawangmangu juga Klinik Saintifikasi Jamu.

Siapapun boleh berobat di tempat ini dengan metode pengobatan menggabungkan ilmu pengetahuan dan jamu, sehingga membuat pengalaman baru dan hampir tak ada di tempat lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com