Share this page

Cobain Iwak Patin Babanam, Ikan Bakar Khas Banjarmasin

Kompas.com - 28/Jul/2019 , 12:31 WIB

Cobain Iwak Patin Babanam, Ikan Bakar Khas Banjarmasin

KOMPAS.com - Sebagai wilayah yang banyak memiliki daerah aliran sungai, masyarakat Kalimatan Selatan sangat akrab dengan olahan ikan sungai. Salah satunya adalah ikan patin.

Nampaknya, sungai-sungai di kota Banjarmasin tidak pernah berhenti menyediakan ikan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakatnya. Walau sekarang sudah banyak kolam maupun tambak sebagai penghasil ikan, namun masyarakat Banjarmasin akan lebih memilih ikan yang didapat di sungai karena dipercaya memiliki cita rasa yang lebih nikmat.

Iwak patin atau ikan patin termasuk dalam genus Pangasius, menjadi salah satu ikan favorit sebagai menu makanan utama Banjarmasin.

Iwak Patin Babanam alias ikan patin bakar adalah satu dari sekian banyak cara memasak khas yang sering dijumpai saat berkunjung ke Banjarmasin. Dengan bumbu dan resep khas Banjarmasin, Iwak Patin Babanam akan memberikan pengalaman kuliner yang berbeda.

Iwak patin babanam diolah dari Ikan patin segar. Ikannya dipotong dan dibersihkan lalu direndam ke dalam larutan bumbu dasar dan bumbu khas Banjar lainnya untuk beberapa saat.

Kemudian diangkat dan dimasukan lagi ke dalam campuran bumbu kecap dan saus tomat. Setelah itu ikan patin dipanggang di atas bara api dari arang kayu sambil dibolak-balik agar matangnya merata.

Selain rasa daging ikan yang lembut, iwak patin babanam memberikan sensasi rasa gurih bumbu dan manis yang khas. Akan semakin lengkap bila disantap bersama sambal acan khas Banjarmasin yang memberikan rasa pedas dengan nuansa rasa manis dan asam, menambah kekayaan rasa dari Iwak Patin Babanam tersebut.

Nah, jadi lapar kan? Yuk ke Banjarmasin dan cobain Iwak Patin Babanam....

Baca artikel seru khas Kalimantan berikut ini:
Bukit Matang Kaladan, Tak Kalah Indah dari Raja Ampat
Arung Jeram di Loksado, Memukau Sekaligus Menegangkan
Martapura, Toko Permata Tradisional Terbesar di Indonesia

Selain Rendang, Ubud punya kuliner lain yang tak kalah lezat. Telusuri ceritanya lewat Pesona Indonesia.

 

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya