Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Jadi Destinasi Super Prioritas, Kemenpar Terus Promosikan Labuan Bajo

Kompas.com - 29/07/2019, 11:51 WIB
Anissa DW,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Labuan Bajo terpilih sebagai destinasi super prioritas oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Artinya pertumbuhan kawasan ini mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah.

Labuan Bajo dipilih karena destinasi wisata itu memiliki banyak potensi dan sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara (wisman). Hal ini terbukti dari jumlah kunjungan wisman yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Nusa Tenggara Timur (NTT), jumlah wisman yang mengunjungi Laboan Bajo, Manggarai Barat pada 2018 mencapai 91.330 orang.

Jumlahnya lebih banyak dibandingkan wisatawan nusantara pada tahun yang sama, yakni 71.132 orang. Angka ini pun jauh lebih tinggi dari jumlah kunjungan wisman pada 2017, yaitu sebanyak 57.536 orang.

Pameran pariwisata

Untuk terus meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo, Kemenpar akan menyelenggarkan Pameran Pariwisata dari 29 Juli hingga 2 Agustus 2019, di Lapangan Kampung Ujung, Labuan Bajo, NTT.

Baca juga: Pelni Hadirkan Kapal Pinisi Khusus Wisata di Labuan Bajo

Menurut Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh Ricky Fauziyani, Pameran Pariwisata itu akan menampilkan kekayaan daerah-daerah, termasuk kekayaan seni dan budaya.

“Dalam Pameran Pariwisata di Labuan Bajo, kami akan mengangkat kekayaan dari 9 kabupaten di sekitar Flores dan Lembata. Kami akan lihat betapa eksotisnya seni dan budaya mereka,” papar Ricky, Minggu (28/7/2019).

Menteri Pariwisata Arief Yahya saat mengunjungi destinasi super prioritas Labuan Bajo, Nusa Tenggara TimurDok. Humas Kementerian Pariwisata Menteri Pariwisata Arief Yahya saat mengunjungi destinasi super prioritas Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Sembilan kabupaten yang akan ambil bagian adalah Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timur, dan Kabupaten Lembata.

Selain 9 kabupaten, kegiatan itu akan diikuti para pelaku industri pariwisata. Misalnya, Divers Paradise Komodo yang bergerak di bidang diving, Hotel Inaya Ray, Cajoma Indonesia yang bergerak disektor kapal wisata.

Ada juga iDive Komodo dan Dock untuk diving, serta dua travel agent atau tour operator, yaitu NTT DMC dan Flores Today.

“Pameran ini sangat lengkap. Selain bisa menikmati atraksi seni dan budaya, wisatawan yang tertarik mengeksplorasi alam Labuan Bajo bisa mendatangi booth industri pariwisata dan mendapatkan penawaran langsung dari mereka,” terang Ricky.

Baca juga: Dukung Pariwisata Labuan Bajo, Pemerintah Bangun Jalan 141,29 Km

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani berharap, ajang itu bisa mengangkat jumlah kunjungan ke kawasan Labuan Bajo.

“Oleh karena itu, kami mendukung dengan menggelar sejumlah kegiatan di Labuan Bajo, termasuk lewat Pameran Pariwisata ini,” katanya.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (29/7/2019), Menteri Pariwisata Arief Yahya turut memberikan dukungannya untuk Pameran Pariwisata di Labuan Bajo.

Dia berharap, pameran itu akan memberikan pengaruh positif bagi Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas, sehingga pariwisatanya terus bertumbuh.

“Apalagi Presiden Joko Widodo juga memberikan perhatian khusus untuk Labuan Bajo. Perhatian itu diperlihatkan dalam kunjungan kerjanya beberapa waktu lalu,” pungkas Menpar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com