Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunda dan Ayah, Bagaimana Agar Traveling Bermanfaat untuk Si Kecil?

Kompas.com - 29/07/2019, 12:05 WIB
Nur Rohmi Aida,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Jika Kamu sudah berkeluarga, perkembangan anak pasti jadi salah satu fokus. Tahukah Kamu, melakukan perjalanan alias traveling sangat bermanfaat bagi perkembangan si kecil. Terutama pada aspek kognitifnya.

Baca juga: Benarkah Bayi Tak Akan Ingat ketika Diajak Traveling?

Mengajak si kecil untuk mengamati lingkungan dan memperhatikan hal-hal di sekitarnya ketika mereka traveling bisa berdampak baik. Hal itu dikatakan Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi, psikolog anak dan keluarga yang praktik di Klinik Terpadu Fakultas Psikologi UI, Depok.

“Secara umum, selama anak diajak mengamati lingkungan sekitarnya, itu sudah menjadi stimulasi untuk aspek kognitifnya,” tuturnya kepada KompasTravel.

Anna mencontohkan, selama mengajak anak mengamati, Bunda dan Ayah bisa sambil menerangkan pada anak dengan memancing responnya. Misalnya, ketika sedang berada di tempat wisata dan ada delman yang lewat, bunda dan ayah bisa memberitahunya dan menunjukkan padanya dengan berujar semacam ini:

“Eh, itu ada delman. Lihat, delmannya ditarik kuda. Wah kudanya besar!”

Baca juga: 7 Tips Berwisata ke Pantai Bersama Anak, Salah Satunya Jangan Lengah

Lebih lanjut, Anna menerangkan bahwa apek kognitif termasuk wawasan, konsentrasi, daya ingat, pemahaman analisa dan sebagainya. Biasanya yang juga terkait adalah aspek bahasa, termasuk di antaranya adalah kosa kata, logika bahasa, pemahaman kalimat, atau berbicara.

Efek traveling bagi anak sekaligus bisa membangun kedekatan hubungan antara anak dan orang tua yang juga bisa menjadi pondasi bagi tumbuh kembangnya agar optimal.

Anna juga menyebutkan bahwa traveling juga mampu membuat para orang tua lebih nyaman dan bahagia. Hal ini penting lantaran kebahagiaan orang tua bisa menular pada si anak.

Manfaat lain, saat si kecil makin betumbuh nanti, bunda dan ayah bisa menunjukkan foto-foto traveling mereka lagi sehingga muncul sebuah kebanggaan. Tentunya, dengan didampingi dan diceritakan seputar perjalanan dan pengetahuan-pengetahuan tempat guna menambah wawasan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com