Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Perlu Kamu Ketahui agar Tak Dituduh Mencuri di Hotel

Kompas.com - 29/07/2019, 22:08 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di media sosial viral video keluarga turis India yang diduga mencuri barang dari hotel tempatnya menginap.

Saat menginap memang tak jarang ada tamu yang ingin membawa tanda kenangan dari tempatnya menginap.

Namun baiknya ketahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dibawa dari kamar hotel. Kamu perlu ketahui empat hal ini agar tidak dituduh mencuri dari hotel tempat menginap.

1. Ketahui barang yang boleh dibawa pulang

Dalam industri perhotelan, memang ada beberapa barang yang boleh dibawa pulang oleh tamu.

Untuk memudahkan ingatlah barang yang boleh dibawa pulang dari hotel kebanyakan memiliki huruf depan S. Kamu bisa membawa pulang mulai dari sabun, sampo, shower gel, shower cap, sewing kit (peralatan menjahit), stationery (alat tulis), shoe shine kits (semir sepatu), dan slippers (sandal hotel). Teh dan kopi juga diperbolehkan untuk dibawa pulang. 

Selalu ingat jika barang yang boleh dibawa pulang rata-rata barang yang bisa habis, bukan rusak. Jadi handuk, gelas, elektronik yang bisa rusak jelas tidak boleh dibawa pulang.

2. Isi mini bar selalu berbayar

Perlu diketahui isian kulkas kecil atau disebut mini bar adalah barang konsumsi berbayar. Pihak hotel akan mendata setiap hari isi dari mini bar dan melakukan pengecekan sebelum tamu check out dari hotel.

Akui jika memang mengonsumsi isian mini bar ke resepsionis saat check out.

3. Tanya pihak hotel

Jika masih ragu apakah boleh membawa pulang barang hotel yang diinginkan, telepon operator hotel dan bertanya. Jangan pernah malu bertanya pada pihak hotel tentang hal yang ingin diketahui.

4. Beli di toko suvenir hotel

Rata-rata hotel bintang empat dan lima memiliki toko suvenir, yang tidak hanya menjual kerajinan daerah tetapi juga barang-barang hotel. Seperti bantal, selimut, seprai, handuk, dan lainnya.

Jika memang senang dengan barang hotel lebih baik membeli daripada mencuri dan harus berurusan dengan pihak berwajib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com