Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dieng Culture Festival 2019, 4 Tips bagi Kamu yang Berencana Datang

Kompas.com - 30/07/2019, 07:06 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gelaran Dieng Culture Festival (DCF) 2019 akan kembali digelar mulai Jumat (2/08/2019) sampai Minggu (4/08/2019). Setiap tahunnya, acara ini selalu dinanti dan dipadati oleh banyak wisatawan.

Tahun ini, penyelenggaraan Dieng Culture Festival memasuki tahun ke-10. Festival yang akan berlangsung selama tiga hari ini akan menampilkan berbagai acara khas seperti Jazz di Atas Awan, pagelaran ketoprak, dan ritual ruwatan cukur rambut gimbal.

Baca juga: Indahnya Sabana dan Dataran Tinggi Dieng dari Gunung Prau

Sama seperti penyelenggaraan DCF tahun sebelumnya, banyak masyarakat dari berbagai penjuru yang ingin menyaksikannya. Berikut ini adalah 4 tips bagi mereka yang ingin datang ke Dieng Culture Festival 2019:

1. Pastikan sudah dapat tiket

Pengunjung yang bisa masuk ke venue Dieng Culture Festival 2019 hanyalah mereka yang telah memiliki tiket. Tahun ini tiket DCF 2019 untuk perorangan dijual melalui kerja sama dengan salah satu Online Travel Agent (OTA) di Indonesia.

Akan tetapi bagi yang belum mendapat tiket, kemungkinan mereka harus menanti gelaran DCF 2020 karena tiket sudah sold out. Sementara tiket on the spot atau OTS adalah tentatif atau belum pasti.

“Tiket on the spot tentatif mas. Jadi, sebenarnya kemarin kan sudah kita siapkan, tetapi ternyata tidak memungkinkan. Jadi untuk OTS mungkin tentatif,” ujar salah satu panitia DCF 2019, Arifin saat dihubungi KompasTravel melalui telepon pada Senin malam (29/07/2019).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dieng Culture Festival (@festivaldieng) on Jun 14, 2019 at 4:53pm PDT

Ia melanjutkan, untuk tiket yang dijual secara online sudah habis semuanya. Itu karena untuk acara budaya, pesertanya sangat terbatas sehingga tiket yang dijual juga dibatasi dan tidak dibuat banyak. Untuk tiket yang disediakan panitia berjumlah sekitar 5.000 tiket.

“Tahun ini untuk tiket reguler, (dibuka) sekitar satu setengah bulan sebelum event. Tapi begitu kita buka, langsung habis tiketnya,” imbuh pria yang juga disapa Ipin ini.

Jika berencana untuk datang ke DCF tahun 2020 besok, maka info tiket akan ditampilkan di akun Instagram DCF @festivaldieng beberapa bulan sebelum acara.

2. Pastikan sudah dapat penginapan

Pengunjung Dieng Culture Festival hendaknya sudah mendapat penginapan untuk bermalam selama gelaran acara yang berlangsung selama tiga hari. Pengunjung bisa menginap di hotel atau homestay di kawasan Dieng.

Namun biasanya mendekati penyelenggaraan DCF, penginapan yang ada di Dieng akan ludes dipesan pengunjung. Biasanya pula panitia menyedikan tempat untuk berkemah, beserta paketnya.

Ada beberapa pilihan untuk pengunjung. Mereka bisa pesan paket tenda lengkap dengan fasilitasnya, tenda only (termasuk tempat), atau kavling only (hanya tempat untuk mendirikan tenda). Akan tetapi untuk pemesanan tenda dan fasilitas juga sudah habis.

Kawasan Dataran Tinggi Dieng dilihat dari Gunung Prau.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawasan Dataran Tinggi Dieng dilihat dari Gunung Prau.

“Kemarin untuk yang tidak mendapat penginapan ada opsi ikut camping ground, tetapi begitu dibuka juga langsung sold out juga,” ujar Arifin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com