Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Sederhana untuk Kurangi Sampah Plastik saat Liburan

Kompas.com - 31/07/2019, 17:09 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sampah merupakan masalah yang menjadi semakin mengkhawatirkan seiring dengan berjalannya waktu. Bahkan menurut berita Kompas.com, Rabu (31/07/2019), TPST Bantar Gebang diperkirakan tidak akan bisa lagi menampung sampah pada 2021.

Berita itu hanya satu kasus dari semakin parahnya masalah sampah, terutama sampah plastik. Tentu masih segar dalam ingatan saat seekor paus mati di Wakatobi yang di dalam perutnya terdapat sampah plastik seberat 5,9 kilogram seperti diwartakan Kompas.com (20/11/2018).

Baca juga: 5 Tips Wisata Hemat di Akhir Pekan

Tentu harus ada upaya besar untuk mengurangi sampah plastik. Namun upaya besar juga tidak akan berhasil tanpa upaya sederhana yang bisa kita lakukan sehari-hari. Upaya mengurangi sampah pun bisa dilakukan saat liburan.

Berikut ini adalah 4 tips sederhana untuk kurangi sampah plastik saat liburan:

1. Bawa bekal air minum sendiri

Saat ini sampah plastik yang cukup sering dijumpai adalah botol plastik air mineral. Memang air mineral dengan kemasan botol plastik sangatlah praktis dan banyak tersedia di warung-warung sekitar obyek wisata.

Namun saat sudah habis, botol plastik bekas ini akan menjadi sampah. Itu karena botol plastik bekas juga kurang sehat jika diisi ulang, terlebih dengan air panas. Kebanyakan orang akan membuang botol plastik usai selesai minum.

Membawa botol minuman sendiri bisa menjadi salah satu cara mengurangi sampah plastik.Dok Thermos Membawa botol minuman sendiri bisa menjadi salah satu cara mengurangi sampah plastik.

Parahnya lagi, saat ini masih sedikit kesadaran masyarakat, termasuk wisatawan untuk membuang sampah pada tempatnya sehingga botol plastik semakin mencemari lingkungan.

Oleh karena itu, salah satu cara sederhana untuk meminimalkan sampah plastik adalah membawa minuman sendiri. Gunakan pula botol minum yang bisa dipakai berulang sehingga bisa diisi ulang saat airnya habis.

2. Bawa bekal makanan sendiri

Selain kemasan botol plastik bekas, kemasan plastik juga menjadi sampah yang kerap dijumpai. Tentu setelah menghabiskan makanan, maka kemasan akan dibuang dan menjadi sampah.

Hidangan dengan wadah kotak makan si TOT.AW cafe.Kompas.com/Silvita Agmasari Hidangan dengan wadah kotak makan si TOT.AW cafe.

Kembali lagi, kesadaran masyarakat dan wisatawan yang rendah untuk membuang sampah pada tempatnya juga semakin membuat pencemaran lingkungan karena sampah plastik semakin parah.

Hal itu bisa dikurangi dengan membawa bekal makanan sendiri. Selain meminimalkan sampah plastik, bekal makanan juga akan mengurangi hasrat ingin jajan ketika lapar sehinga membuat liburan menjadi lebih hemat.

3. Tak usah pakai kantong plastik saat berbelanja

Berhenti di minimarket untuk membeli makanan, minuman, atau barang kebutuhan lain merupakan suatu hal yang lazim dilakukan saat berlibur. Meski sudah membawa bekal sendiri, aktivitas ini kerap tidak terhindarkan.

Tas belanja ini memang mampu menekan penggunaan tas plastik. Namun, jika terus membelinya ketika berbelanja di pasar swalayan, Anda akan memiliki begitu banyak tas dan kehilangan banyak uang. www.houzz.com Tas belanja ini memang mampu menekan penggunaan tas plastik. Namun, jika terus membelinya ketika berbelanja di pasar swalayan, Anda akan memiliki begitu banyak tas dan kehilangan banyak uang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com