Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Perbedaan Kopitiam dengan Kedai Kopi Kekinian

Kompas.com - 02/08/2019, 19:09 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedai kopi modern dapat dengan mudah ditemui di sudut Jakarta. Minum kopi kini bukan hanya sekadar gaya hidup, melainkan kebutuhan dengan banyaknya jumlah kedai kopi modern.

Sebelum kedai kopi modern, tren minum kopi juga dimeriahkan dengan kehadiran berbagai kopitiam di Jakarta.

Meskipun sama sama kedai kopi, ada yang membeda antara keduanya. Berikut lima perbedaannya.

1. Alat pembuat kopi

Owner Ya Kun Kaya Toast Indonesia, Lanny Budiman ditemui di acara peluncuran varian makanan dan minuman bari di Ya Kun Kaya Toast Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis (1/8/2019) menyebutkan hal yang paling membedakan kopitiam dengan kedai kopi modern adalah alat pembuat kopi.

Kedai kopi modern mengandalkan mesin pembuat kopi modern, sedangkan kopi tiam mengandalkan alat tradisional yakni teko berukuran besar dengan leher panjang.

Teko ini dilengkapi saringan tradisional untuk menyaring ampas kopi.

2. Jenis kopi

Setiap kedai kopi punya kopi ciri khas tersendiri. Menariknya jika di kopitiam ada standar menu yang sama hampir di semua kopitiam.

Kopi o berarti kopi hitam yang sudah ditambahkan gula, kopi o kosong berarti kopi hitam polos tanpa tambahan apa pun, kopi peng berarti es kopi dengan gula.

Untuk kopi coffee berarti kopi dengan susu dan sedikit gula, kopi c berarti kopi dengan campuran susu kental manis dan gula, yuan yang berarti kopi yang dicampur teh.

Di kedai kopi modern menunya lebih beragam dengan penamaan sesuai kreativitas dari masing-masing pengelola kedai kopi.

3. Kopi dengan susu yang berbeda

Baik kedai kopi modern maupun kopitiam terkenal dengan kopi susu. Namun yang paling membedakan adalah jenis susu yang digunakan.

Kedai kopi modern menggunakan susu jenis UHT sedangkan kopitiam menggunakan susu evaporasi. Perbedaan dua susu tersebut ada di kekentalan dan rasa manis yang dihasilkan.

Sepiring roti panggang bersisipkan butter dan segelas kopi butter dari kopitiam Heap Seng Leong.Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Sepiring roti panggang bersisipkan butter dan segelas kopi butter dari kopitiam Heap Seng Leong.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com