Share this page

Pusentasi, Sumur Berkhasiat Obat di Pesisir Donggala

Kompas.com - 6/Aug/2019 , 15:07 WIB

Pusentasi, Sumur Berkhasiat Obat di Pesisir Donggala

KOMPAS.com - Bukan rahasia umum kalau Pulau Sulawesi identik dengan keindahan lautnya.

Di utara, wisatawan dapat menjumpai Taman Laut Bunaken dengan keindahan bawah laut yang begitu menggoda untuk segera menyelam.

Ada lagi, pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitar perairan Sulawesi. Tempat itu menawarkan keindahan pantai berpasir putih, ombak, dan laut biru. Ada pula destinasi unik yang sayang untuk dilewatkan, sebuah tempat bernama Pusentasi.

Secara etimologi, Pusentasi berasal dari gabungan kata “pusen” dan “tasi”. Pusen memiliki arti “pusat” dan tasi berarti “laut”, menjadikan Pusentasi memiliki makna harfiah sebagai pusat laut.

Nama itu datang dari wujud fisik lokasi wisata ini, menyerupai sumur dengan air laut tertampung di dalamnya.

Sumur yang jernih

Pusentasi berada di Towale, Donggala, letaknya masih di kawasan Pantai Tanjung Karang. Uniknya, Pusentasi berada cukup jauh dari laut, sekitar 300 meter, namun di dalam Pusentasi terisi air laut yang begitu jernih. Pusentasi terbentuk karena tanah yang ambrol sehingga menghasilkan sebuah sumur selebar 10 meter.

Air yang terdapat di dalam Pusentasi dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Di sini, wisatawan bisa menemui turis-turis yang tidak hanya datang untuk menikmati panorama, tetapi juga mencari khasiat air Pusentasi.

Dengan kedalaman sekitar 6 meter, Pusentasi bisa digunakan juga untuk sekadar berenang santai, meskipun butuh kewaspadaan juga ketika air sedang meninggi.

Sobat Pesona bisa mencapai Pusentasi dengan jalur darat sejauh 12 kilometer dari Donggala, dan membayar tiket masuk dengan harga terjangkau untuk memasuki area wisata Pusentasi ini.

Baca artikel lainnya:

Jelajah Kuliner Palu dan Donggala

Masjid Tersembunyi di Taman Sari Itu Bernama Sumur Gumuling

Telusuri keindahan Indonesia lewat Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya