Share this page

Menyusuri Tunjungan Surabaya saat Malam Hari

Kompas.com - 25/Aug/2019 , 19:35 WIB

Menyusuri Tunjungan Surabaya saat Malam Hari

KOMPAS.com - Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Surabaya menjadi destinasi yang menjanjikan.

Kota Pahlawan ini memang sangat menarik untuk dijelajahi siang hari dengan segala keindahan alam dan wisata historis yang memesona. Namun, jika Sobat Pesona berniat untuk wisata malam, coba datang ke Jalan Tunjungan. Sensasi yang diberikan tempat ini pada malam hari sungguh berbeda.

Jalan Tunjungan merupakan salah satu pusat keramaian di Surabaya. Malam hari, Jalan Tunjungan menjadi semakin indah dengan adanya lampu warna-warni yang menghiasi jalan protokol.

Bentuknya juga beragam, ada yang menyerupai payung, binatang hingga pernak pernik seperti hiasan yang indah. Warna lampu-lampu ini didominasi oleh warna merah, kuning, hijau dan biru.

Dengan adanya lampu-lampu, tak jarang Jalan Tunjungan dijadikan spot untuk foto-foto di malam hari oleh para wisatawan.

Pada Agustus, biasanya tema lampu diubah mengikuti tema kemerdekaan. Dekat dari Jalan Tunjungan, Sobat Pesona bisa datang ke Taman Apsari. Di sini, juga cocok untuk foto-foto dengan latar lampu kelap-kelip yang dipasang di pohon-pohon yang ada di taman.

Suasana malam hari di wilayah Tunjungan, Surabaya.https://pesona.travel Suasana malam hari di wilayah Tunjungan, Surabaya.

Senada dengan Taman Apsari, Gedung Grahadi juga menghiasi atap bangunannya dengan lampu. Keberadaan lampu-lampu ini juga membuat suasana bangunan zaman Belanda itu tidak terlalu angker.

Di Taman Apasri, wisatawan juga bisa melihat karya seniman lokal yang sengaja dipamerkan di sudut taman. Bentuknya juga sangat unik dan dihiasi dengan kalimat pendek ala dialek lokal. Kita juga bisa sambil ngemil dan mencoba jajanan yang dijual di sekitar Taman Apsari sambil duduk-duduk di kursi yang sudah disediakan.

Nah, rasanya tak lengkap jika ke Jalan Tunjungan tapi tidak mampir ke Plaza Tunjungan, salah satu mall terbesar di Surabaya. Selain bisa wisata belanja, Sobat Pesona juga bisa menikmati keindahan lampu-lampu yang menghias hampir di seluruh dinding luar mall ini.

Pemerintah Kota Surabaya memang tengah berupaya untuk selalu mempercantik setiap sisi kota, khususnya di Jalan Tunjungan, kawasan Grand City, GWalk, Taman Bungkul, Taman Skate Board, Loop, Monumen Bambu Runcing dan kawasan Food Festival. Rencananya, lampu-lampu ini juga akan menghiasi bagian lain dari kota, seperti sungai dan area lainnya.

Baca artikel lainnya:

Jalan Tunjungan, Ikon Historis Kota Pahlawan

Pasar Semawis, Surga Jajan Malam Semarang

Menikmati Suasana Malam Yogyakarta di Alun-Alun Kidul

Selain Surabaya, Indonesia punya sejuta pesona lainnya dari ragam obyek wisata yang bisa dikunjungi. Telusuri kisahnya dalam Pesona Indonesia.

 

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya