Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Kota Baru, Kemenpar Dorong KEK Pariwisata di Kalimantan Timur

Kompas.com - 27/08/2019, 15:17 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata berencana mendorong hadirnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kalimantan Timur. Hal itu dilakukan menyusul pemindahan ibukota Indonesia dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebutkan saat ini ada dua wilayah di Kalimantan Timur yang telah diusulkan dan segara ditindak lanjuti untuk pembentukan KEK Pariwisata.

"Satu berada di Kabupaten Penajam Paser Utara yang berdekatan dengan lokasi calon ibu kota yang baru. Satu lagi di Kabapuaten Berau yang sudah memiliki atraksi destinasi kelas dunia, yakni Derawan, Kakaban, Maratua dan Sangalaki," kata Arief kepada KompasTravel, Selasa (27/8/2019).

Di Kabupaten Berau, Arief menyebutkan atraksi wisata berbasis pada wisata bahari. Ada banyak pulau cantik dengan pasir putih, dan pemandangan bawah laut yang sudah terkenal sampai ke luar negeri.

Tak hanya Kalimantan Timur, Kemenpar juga berusaha mendorong Kalimantan Selatan untuk memiliki UNESCO Global Geopark (UGG) yakni taman bumi global di bawah jaringan UNESCO untuk bantuan promosi dan konservasi geologi.

Di Kalimantan Selatan, Pegunungan Meratus digadang menjadi UGG. Arief menyebutkan status UGG terbilang penting agar di Kalimantan terdapat banyak destinasi wisata yang kuat.

Terakhir ia memberi kesempatan sekaligus mengundang para pelaku industri pariwisata di Tanah Air untuk mengusulkan lokasi KEK Pariwisata di Kalimantan Timur.

"Kita akan terus mengeksplorasi potensi-potensi yang bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata kelas dunia di Kalimantan," pungkas Arief.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan pemindahan ibukota Indonesia dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8).

Ibukota Indonesia akan berada di dua kabupaten di Kalimantan Timur yang tersambung yakni Penajam Paser Utara dan sebagian di Kutai Kertanegara.

Menurut Jokowi, salah satu alasan pemindahan ibukota negara ke Kalimantan Timur adalah meningkatkan kontribusi ekonomi dari daerah-daerah selain DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com