Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan Khas dari Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Kompas.com - 27/08/2019, 18:05 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah mengumumkan calon ibu kota baru Indonesia, Senin (26/8/2019). Ibu kota baru disebutkan berada di sebagian kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagaian di Kabupaten Kutai Kertanegara.

Kedua kabupaten ini berada di Kalimantan Timur. Layaknya daerah lain di Indonesia, Kalimantan Timur juga punya makanan khas yang menggugah selera.

Sayang rasanya jika berkunjung ke Kalimantan Timur tanpa mencicipi kuliner setempat, berikut tujuh makanan khas Kalimantan Timur:

1. Nasi kuning

Banyak daerah di Indonesia yang mengandalkan nasi kuning untuk sarapan. Tak terkecuali di Kalimantan Timur, nasi kuning sangat digemari penduduk setempat untuk memulai hari.

Ciri khas nasi kuning di Kalimantan Timur ada pada lauknya, yakni ikan gabus.

Jalan Lambung di Samarinda terkenal sebagai Kampung Nasi Kuning, karena menjadi sentra penjual nasi kuning yang berjualan dari pagi sampai dini hari.

2. Ayam cincane

Ayam kampung bakar yang sebelumnya telah dimarinasi dengan aneka rempah dan bumbu. Sangat mudah menemui hidangan ini di restoran Kalimantan Timur, pada acara hajatan ayam cincane juga selalu ada.

(Baca juga: Ayam Cincane, Kuliner Andalan Samarinda)

3. Pisang gapit

Sebagai makanan pentuup dan pencuci mulut, pisang gapit sangat populer khususnya di daerah Kutai Kartanegara. Pisang ini merupakan pisang yang dibakar dengan cara diapit jadi memiliki bentuk gepeng.

Biasanya pisang yang digunakan adalah jenis pisang kepok atau tanduk. Kemudian disajikan dengan siraman saus gula merah dan santan kental. Umumnya hidangan ini selalu ada di lokasi obyek wisata karena cocok untuk disantap saat santai.

4. Sayur asam kutai

Sayur asam ini berbeda dengan sayur asam pada umumnya. Isian sayur asam kutai terdiri dari daging ikan gabus, kangkung, talas, dan jantung pisang batu. Rasanya sendiri sangat segar dan memiliki rasa kaldu ikan yang kuat.

5. Nasi bekepor

Inilah nasi liwet versi Kalimantan Timur. Nasi bekepor menjadi khas lantaran beras dan bumbu dimasak dalam satu wadah khusus yang disebut ketel yang terbuat dari tanah liat.

Nasi bekepor biasanya disantap dengan lauk ikan asin, telur asin, dan sayur asam kutai.

6. Gangan manok

Sajian bakso khas Kalimantan Timur. Berbeda dengan bakso di banyak daerah yang biasa menggunakan daging sapi, gangan manok justru menggunakan daging ayam.

Sebagai penyeimbang rasa, biasanya ada sayur bayam atau oyong untuk menyantap gangan manok. Jadi makanan ini terbilang sehat dan cocok untuk anak-anak.

7. Bingka kentang

Kue satu ini terbilang sulit ditemui selain di daerah Kalimantan. Bahan utam kue ini adalah kentang yang dicampur terigu, gula, dan telur, dan santan.

Bingka kentang dimasak dengan cara dibakar sampai kecoklatan. Kue ini sering menjadi oleh-oleh dari Kalimantan Timur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com