Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Wisata Unggulan di Purworejo, dari Hutan Pinus sampai Air Terjun

Kompas.com - 29/08/2019, 13:47 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kulon Progo, Yogyakarta dan Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (29/8/2019). Di Purworejo, Jokowi dijadwalkan akan menontong wayang kulit dengan dalang perempuan asal Purwurejo.

Lokasi Purworejo sendiri tidak terlalu jauh dari Bandara NYIA (New Yogyakarta International Airport), dapat ditempuh selama 30 menit berkendara.

Ada banyak detinasi wisata yang menarik untuk dijelajah di kabupaten yang berbatasan langung dengan Yogyakarta ini. Berikut tujuh wisata unggulan di Purworejo.

1. Wisata Gunung Kunir

Wisata Gunung Kunir terletak di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Jarak tempuh dari Kota Purworejo adalah sekitar 26 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam berkendara. Lokasinya berada di kawasan Pegunungan Menoreh.

Gunung Kunir merupakan tempat terbaik untuk melihat pemandangan matahari tenggelam atau sunset.

Saat musim kemarau antara Juni- September, wisatawan juga dapat melihat matahari tenggelam dengan pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

2. Taman Air Sidandang

Sumber air Taman Sidandang berasal dari Pegunungan Menoreh. Wisatawan dapat bereneng dan melakukan susur sungai di sini.

Jangan khawatir di sini ada pihak pengelola yang menyediakan helm dan pelampung.

Taman Air Sidandang terletak di Desa Wisata Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Lokasi taman ini ada di samping jalan utama Yogyakarta-Purworejo via Pergunungan Menoreh. Nantinya pintu masuk Taman Sidandang ada di selatan jalan utama.

Seorang anak sedang salto di kolam alami Taman Sidandang, Purworejo.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Seorang anak sedang salto di kolam alami Taman Sidandang, Purworejo.

3. Puncak Khayangan Sigendol

Mirip Bukit Punguk Kediwung di Yogyakarta, dari ketinggian Puncak Khayangan Sigendol wisatawan dapat berfoto di anjungan yang telah tersedia. Anjungan nan fotogenic ini menampilkan pemandangan lembah hijau yang indah.

Lokasi Puncak Khayangan Sigendol berada di Giyombong.

4. Curug Lumbung

Terkenal akan bentuk tebing batu yang terpahat alami dari aliran air. Curug ini berada di Desa Karangsari, Kecamatan Bener.

Curug Lumbung terkenal di kalangan pemburu foto Instagram. Untuk menuju curug ini wisatawan akan melewati desa dengan pemandangan yang indah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com