Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Wisata Pantai Dekat Bandara Udara Internasional Yogyakarta

Kompas.com - 30/08/2019, 11:36 WIB
Albert Supargo,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - President Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang terletak di Kabupaten Kulon Progo guna melakukan kunjungan kerja pada Kamis (29/08/2019).

Agenda ini dilakukan, guna meninjau fasilitas Bandar Udara Internasional Yogyakarta (NYIA).

Bandara Internasional Yogyakarta terletak di pinggir pantai. Kamu bisa mampir berwisata ke pantai sekitar bandara.

Berikut KompasTravel merangkum, beberapa pantai yang bisa jadi pilihan wisata di sekitar Bandara Udara Internasional Yogyakarta :

1. Pantai Pasir Kadilangu

Pantai Pasir Kadilangu merupakan salah satu pantai yang berada di Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo.

Pantai ini dipenuhi dengan spot foto dengan tulisan-tulisan seputar cinta. Di sana, kamu bisa menemukan miniatur Menara Eiffel, jembatan dan pedompo yang terbuat dari bambu.

Kawasan ini merupakan daerah konservasi hutan mangrove dengan hamparan alam yang indah untuk dilihat, jadi walaupun namanya ‘pasir’, kamu tidak dapat bermain pasir disini.

Tempat ini berjarak 5,3 km dari NYIA dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor.

2. Pantai Trisik

Berlokasi Jalan Jalur Lintas Selatan, membuat pantai satu ini memiliki akses yang mudah. Permandangan pantai yang indah dilengkapi dengan rumah nelayan di pinggirnya, merupakan daya tarik utama dari tempat ini.

Lokasi ini terkenal sebagai penangkaran penyu yang bernama Konservasi Penyu Abadi. Datanglah di saat yang tepat di malam hari dan kamu dapat melihat penyu bertelur di pinggir pantai.

Lokasi ini berjarak 20 km dari NYIA dan dapat diakses dengan kendaraan bermotor. Jaraknya memang tidak terlalu dekat, tetapi pengalaman yang didapat sepadan.

Pemecah Gelombang di Pantai Glagah, Kulon ProgoKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pemecah Gelombang di Pantai Glagah, Kulon Progo

3. Pantai Glagah

Pantai ini terletak di Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini terkenal dengan lagunanya yang terbentuk dari bagian daratan berbentuk agak cekung yang berisi air laut pasang.

Laguna Pantai Glagah pun dimanfaatkan sebagai tempat wisata air, seperti perahu kayuh, kano, hingga sampan kecil yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling.

Pantai ini juga memiliki perkebunan buah yang bernama ‘Kusuma Wanadri’.Datang di musim panen dan kamu bisa membawa oleh-oleh beraneka ragam buah.

Kamu bisa menyewa ATV atau motorcross untuk berkeliling di area pantai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com