Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmati Penganan Tradisional di Pekan Kuliner Mahasiswa Aceh

Kompas.com - 03/09/2019, 21:08 WIB
Masriadi ,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi



LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Mahasiswa Antropologi, Universitas Malikussaleh (Unimal) menggelar pekan kuliner tradisional 2-5 September 2019 di halaman Kampus Bukit Indah, Kota Lhokseumawe, Aceh.

Sekretaris Jurusan Antropologi, Abdullah Ahyar Nasution, menyebutkan kegiatan itu agenda rutin tahunan jurusan tersebut. Mereka membuka stand penganan tradisional Indonesia seperti sate, soto, bakso dan lain sebagainya.

Bahkan, digelar juga permainan tradisional di lokasi itu seperti permainan engklek, congklak,catur, enggrang, dan ular tangga.

“Kegiatan ini juga memacu sikap wirausaha para mahasiswa sekaligus membudayakan permainan tradisional dan kuliner tradisional,’ ujar Ahyar.

Baca juga: Kamu Suka Durian? Yuk Piyoh di Jalan Elak Aceh

Permainan tradisional dibudayakan untuk melawan game online yang semakin marak di kalangan remaja.

“Pengenalan permainan rakyat seperti akan semakin mendekatkan mahasiswa pada permainan yang dihasilkan oleh leluhurnya dan memperkuat identitas kebangsaan melalui kembanggaan ragam budaya etnik,” terang Ahyar.

Dekan FISIP Unimal, M Akmal menyatakan acara mengusung tema --Menikmati Beragam Rasa Makanan Membangun Rasa Kebangsaan—harus dilakukan setiap tahun.

“Karena nasionalisme kita sebenarya bisa dipupuk oleh citarasa makanan yang sedemikian gurih dan memberikan kesan memorialisme yang mendalam," kata Akmal.

Baca juga: Ini Dia Kedai Favorit Orang Aceh, Kopi Solong

Akmal menambahkan, "Sebagai pimpinan saya mendukung kegiatan ini tetap dilaksanakan tiap tahun dan menjadi program unggulan demi peningkatan akreditasi."

Acara Pekan Kuliner Tradisional Universitas Malikussaleh juga dibuka untuk umum. Nah, bagi kamu yang ingin menikmati penganan yang diracik mahasiswa, silakan berkunjung dari pagi hingga menjelang maghrib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com