Share this page

Menikmati Pantai Badur Sumenep

Kompas.com - 4/Sep/2019 , 16:33 WIB

Menikmati Pantai Badur Sumenep

KOMPAS.com - Kabupaten Sumenep tak hanya dikenal dengan kuliner khasnya yang lezat, tapi juga ada beberapa destinasi pantai yang indah.

Sebut saja, mulai dari Pantai Lombang, Pantai Slopen, hingga Pantai Badur yang terkenal dengan sunset-nya yang indah, ada di sana.

Dari banyak pantai yang ada, sesekali coba lah menjejaki Pantai Badur. Kemudian, nikmati keindahannya.

Pantai Badur terletak di Desa Badur, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Sumenep. Jaraknya sekitar 18 kilometer dari pusat Kota Sumenep, atau kurang lebih bisa ditempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Adapun fasilitas yang ada di tempat ini sudah lumayan baik dan memenuhi standar, seperti ada kamar mandi umum, tempat ibadah, warung-warung makan, dan tempat parkir. Di sana, wisatawan bisa memancing pada perairan tawarnya.

Jika ingin berlibur ke Pantai Badur, Anda sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena akan cukup sulit menemukan kendaraan umum yang menuju ke tempat ini.

Untuk hari-hari biasa, lokasi ini tidak mengenakan tarif, namun ketika hari libur tiba, tiket masuk yang harus dikeluarkan sekitar Rp 15.000 untuk kendaraan roda empat, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua.

Pantai Badur tidak seluas Pantai Slopeng dan Pantai Lombang, namun punya daya tarik tersendiri.

Pasirnya yang berwarna putih terlihat sangat cantik di bawah sinar matahari. Lingkungannya memang masih bersih, mungkin karena masyarakat di sana masih sangat menghargai betapa pentingnya kebersihan lingkungan.

Nah, hal yang paling dicari di Pantai Badur adalah momen sunset-nya. Maka tak heran kalau banyak orang datang ketika sore menjelang. Semakin cantik, karena pantai ini memiliki garis pantai yang lumayan panjang, dan ombak yang tenang.

Tak hanya itu, Pantai Badur punya sumber mata air besar yang airnya mengalir deras ke laut. Air tawar inilah yang sering dijadikan tempat berenang wisatawan. Pertemuan air tawar dengan air laut juga menjadikan wisatawan betah berlama-lama menikmati Pantai Badur bersama angin pantai yang tidak begitu kencang.

Pantai Badur di Sumenep.https://pesona.travel Pantai Badur di Sumenep.

Selain itu, ada pula sebuah gua yang cukup dikeramatkan oleh warga sekitar di pantai itu. Konon, gua ini menjadi tempat pertemuan antara penyebar agama Islam di Madura saat zaman penjajah Belanda.

Sekarang, gua ini juga masih sering digunakan sebagai tempat tafakkur untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Di depan gua juga terdapat sebuah makam yang batunya nisannya terbuat dari batu gunung. Makam tersebut diyakini berisi jasad salah satu tokoh penyebar agama Islam di Madura.

Nah, itulah daya tarik Pantai Badur di Sumenep Madura. Ibaratnya, sekali jalan ke pantai itu, wisatawan sudah dapat beberapa spot wisata sekaligus, bukan?

Baca artikel lainnya:

Wisata Sejarah ke Keraton Sumenep

Menengok Pembuatan Garam Tradisional di Madura

Campor, Warisan Kuliner Sumenep

Telusuri obyek wisata lainnya di Indonesia dan temukan banyak cerita. Baca informasinya lewat Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya