Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Walau Dilarang, Kenapa Orang Nekat Beli Tiket Tanpa Terbang di Bandara Changi?

Kompas.com - 06/09/2019, 09:24 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun ini tercatat 33 orang telah ditangkap oleh pihak kepolisian Singapura karena penyalahgunaan boarding pass di Bandara Changi, Singapura. Mereka sengaja membeli tiket pesawat agar bisa mampir ke area transit tetapi tidak naik pesawat.

Seperti dikutip dari Straits Times, hal ini terlarang di Bandara Changi. Pemerintahan Singapura menetapkan aturan penyalahgunaan boarding pass.

Baca juga: Dilarang Beli Tiket Tapi Sengaja Tidak Terbang di Bandara Changi, Bagaimana Indonesia?

Kebijakan tersebut menyatakan bahwa siapapun yang mengakses area di Bandara Changi tanpa bermaksud untuk terbang dapat dituntut berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Infrastruktur Singapura.

“Penumpang yang memasuki area transit atau bagian dalam Bandara Changi dengan boarding pass hanya boleh ada di sana untuk tujuan bepergian ke tujuan berikutnya," seperti dikutip dari Facebook resmi Singapore Police Force.

Jika melanggar, maka pelanggar didenda hingga 20.000 dollar Singapura (setara dengan Rp 200.000.000) atau dipenjara hingga dua tahun.

Aturan boarding pass di Bandara Changi, SingapuraFacebook/Singapore Police Force Aturan boarding pass di Bandara Changi, Singapura

Walau begitu, ada saja orang yang melanggar aturan tersebut. Seperti baru-baru ini terjadi yaitu pria ditahan karena membeli tiket pesawat agar bisa mengantar istri sampai boarding gate.

Baca juga: Beli Tiket Pesawat Hanya untuk Menemani Istri di Area Transit, Pria Singapura Ditahan

Ada berbagai alasan mengapa 33 orang ini membeli tiket pesawat tanpa terbang, dari alasan romantis hingga ingin bertemu Boy Band Korea. Berikut di antaranya.

Mengantar istri atau teman

Terdengar romantis ketika seorang suami ingin menemani istrinya yang akan pergi ke kota atau negara lain. Sampai-sampai ingin memaksimalkan waktu bertemu dan mengantar pasangan sampai ke boarding gate.

Seperti yang baru-baru ini terjadi pada seorang pria berusia 27 tahun. Ia sengaja membeli tiket dan berniat untuk tidak naik pesawat.

Ia hanya ingin mendapat akses untuk memasuki area boarding karena istrinya akan meninggalkan Singapura. Pria ini ingin melambaikan tangan di depan istrinya yang hendak masuk pesawat.

Hal yang sama juga dialami oleh seorang pria 49 tahun yang sengaja membeli tiket agar bisa masuk sampai pintu boarding gate.

Kejadian ini terjadi pada tahun lalu. Pria tersebut berniat mengantar temannya dan memastikan temannya sudah berada di dalam pesawat.

Berbelanja

Perbuatan nekat selanjutnya dilakukan oleh dua pria berkewarganegaraan Singapura yang berburu ponsel pintar iPhone 7 di Bandara Changi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com