Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Tua Jakarta Dipadati Pengunjung Pagelaran Nilai Tradisi Sejarah Fatahillah

Kompas.com - 08/09/2019, 19:03 WIB
Ni Putu Dinanty,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pagelaran Nilai Tradisi Sejarah Fatahillah yang diadakan di Kawasan Kota Tua Jakarta menarik antusiasme masyarakat untuk berkunjung ke pagelaran tersebut pada Minggu (7/9/2019).

Hal ini terlihat dari ramainya pengunjung yang berkumpul di panggung megah yang terletak di depan Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah.

Pengunjung yang duduk di Kawasan Kota Tua Jakarta pada acara Pagelaran Nilai Tradisi Sejarah Fatahillah.KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Pengunjung yang duduk di Kawasan Kota Tua Jakarta pada acara Pagelaran Nilai Tradisi Sejarah Fatahillah.
Tidak hanya mereka yang berdiri menunggu di depan panggung, banyak juga yang duduk-duduk melepas lelah atau berfoto sambil menunggu acara puncak, yaitu drama kolosal tradisional Fatahillah.

“Awalnya saya iseng ke sini bersama anak dan suami tapi setelah tahu ada drama kolosal jadi antusias mau nunggu dan nonton," ujar Sulis (41), salah satu pengunjung Pagelaran Nilai Tradisi Sejarah Fatahillah.

Sulis menambahkan bahwa acara pagelaran ini dapat menjadi tempat edukasi untuk anak-anak hingga dewasa yang belum cukup mengenal budaya Betawi dan sejarah mengenai Jakarta.

Stand-stand yang berada di pagelaran itu juga ramai dikunjungi pengunjung. Pengunjung dapat melihat beberapa koleksi museum dan mencoba membuat karya seni, seperti membatik, kerajinan gerabah dan membuat wayang dari anyaman daun kelapa.

Salah satu stand museum yang ramai dikunjungi oleh pengunjung pagelaran.KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Salah satu stand museum yang ramai dikunjungi oleh pengunjung pagelaran.

Jika pengunjung melewati kesempatan itu, mereka bisa datang langsung ke museum yang dibuka setiap Selasa sampai Minggu untuk mencoba pengalaman membuat karya seni tersebut.

Beberapa spot foto menarik pun juga ramai oleh pengunjung yang bergantian ingin mengabadikan momen pagelaran itu.

Salah satu spot foto yang ramai dikunjungi pengunjung pagelaran.KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Salah satu spot foto yang ramai dikunjungi pengunjung pagelaran.

Puncak acara Pagelaran Nilai Tradisi Sejarah Fatahillah akan diisi dengan drama kolosal yang dimainkan oleh lebih dari 150 orang. Drama kolosal ini akan menceritakan kisah perjalanan Pangeran Fatahillah melawan penjajah Batavia dan perannya dalam perebutan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kegiatan ini dikemas secara unik dan atraktif, serta mengandung unsur edukatif sehingga diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Supaya dapat mengenal lebih jauh tentang sejarah Jakarta dan Fatahillah itu sendiri,” tutur Edy Junaedi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com