Share this page

Uji Adrenalin dengan Menjelajahi Bukit Bangkirai

Kompas.com - 9/Sep/2019 , 20:39 WIB

Uji Adrenalin dengan Menjelajahi Bukit Bangkirai

KOMPAS.com - Kota Balikpapan terkenal dengan suhunya yang lebih panas dari kebanyakan kota besar di Indonesia. Tak mengherankan memang. Sebab, kota ini tak jauh dari garis khatulistiwa yang membawa iklim tropis.

Keberadaann Bukit Bangkirai bagai oase di tengah padang gurun. Pepohonan yang super tinggi dan rindang berpadu dengan merdunya nyanyian burung dan hewan lainnya menghadirkan suasana yang amat berbeda dengan Balikpapan. Sejuk dan damai.

Aktivitas yang harus dilakoni saat ke Bukit Bangkirai adalah menyusuri jembatan gantung yang membentang di antara pepohonan bangkirai. Oh ya, nama bangkirai sendiri sebenarnya adalah salah satu jenis kayu yang tumbuh lebat di daerah ini. Kayu yang bernama latin Shorea laevis bisa menjulang hingga lebih dari 10 meter.

Menyusuri jembatan gantung bangkirai memang bukan perkara mudah. Rasanya benar-benar menguji adrenalin.

Medan yang dilalui sebenarnya tidak terlalu sulit. Wisatawan mesti menapaki jalur setapak sekitar 1,5 kilometer dari pintu gerbang. Kemudian, wisatawan harus melanjutkan naik ke atas pohon dengan meniti tangga kayu.

Hal yang membuat sulit adalah karena tidak semua orang memiliki nyali yang cukup untuk melintasi jembatan ini. Bayangkan, jembatan berada 30 meter di atas permukaan tanah. Belum lagi jembatan bangkirai akan mulai bergoyang saat tersapu angin. Benar-benar membuat lutut kita lemas, bukan?

Rasa takut bisa diminimalisir karena setiap pelancong akan ditemani dengan satu pemandu. 

Jika angin berhembus di atas 48 kilometer per jam, pengelola akan menutup akses jembatan lantaran jembatan akan bergoyang dengan kencang. Goyangan ini akan membuat siapa saja kehilangan keseimbangannya dan sangat mungkin terjatuh.

Selain itu, jika ingin merasakan sensasi menegangkan di jembatan Bukit Bangkirai, hindari memakai sepatu hak atau sandal. Sebab, ini salah satu yang amat dilarang oleh pengelola lantaran lebih mudah tersandung atau tergelincir. Mereka yang memiliki tinggi di bawah satu meter pun tidak diperkenankan naik ke jembatan.

Sejak di pintu gerbang hingga di atas jembatan, kita akan disuguhi merdunya nyanyian burung enggang dan burung surga. Bahkan, jika beruntung kita juga bisa melihat burung-burung itu secara langsung.

Bagaimana jika ada yang tidak bernyali meniti jembatan gantung Bukit Bangkirai? Cukup bersantai sambil menikmati alam sekitar saja sudah membuat segala penat musnah kok.

Bukit Bangkirai terletak di Kecamatan Samboja, 58 kilometer dari Balikpapan. Jembatan gantungnya sendiri dibangun sejak 1998 oleh Canopy Construction Associated. Jembatan ini masih menjadi jembatan gantung terpanjang kedua di Asia dan ke delapan di dunia.

Baca artikel lainnya:
Kampung Melo, Desa Adat di Perbukitan Labuan Bajo

4 Spot Selfie Instagramable di Perbukitan Buleleng

Tujuh Destinasi Dalam 12 Jam di Bukittinggi

Susuri keindahan Indonesia lainnya lewat ragam destinasi wisata. Cek informasiya lewat Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya