Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Kesenian Teatrikal Jepang Lewat Teater Enjuku

Kompas.com - 10/09/2019, 22:00 WIB
Albert Supargo,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir pekan kemarin, Kedutaan Besar Jepang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menggelar Jak Japan Matsuri 2019 pada 7-8 September 2019 di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Dalam acara ini, kamu dapat melihat pengenalan budaya, mencicipi kuliner khas, dan juga menonton pementasan seni baik dari Indonesia dan Jepang.

Salah satu acara yang paling menarik di festival ini adalah penampilan drama teatrikal “Odoro Orochi” yang bercerita tentang pertarungan seorang pemuda untuk melindungi kekasih dan desanya dari ancaman siluman ular.

Keunikan dari pertunjukan ini adalah selain menggunakan bahasa Jepang dan Indonesia dalam narasi dan lagu, teater ini ditampilkan oleh orang Indonesia yang tergabung dalam Teater Enjuku.

“Teater Enjuku adalah teater musikal berbahasa Jepang yang anggotanya berasal dari mahasiswa dari perguruan tinggi di Jakarta dan sekitarnya. Kami membuka pendaftaran anggota setiap satu tahun sekali di bulan Januari. Selama masih berstatus mahasiswa aktif, semua orang dapat mendaftar menjadi anggota melalui audisi,” kata Bila, Ketua Teater Enjuku.

Teater ini memulai penampilan pertamanya di tahun 2008 dan telah menjadi pengisi acara di Jak Japan Matsuri sejak tahun 2010.

Agenda utama dari kelompok ini adalah untuk melakukan penampilan utama yang dilakukan di Jakarta. Menariknya, mulai dari tahun 2014 teater ini juga diundang untuk tampil di Jepang.

Fokus dari pementasan teater ini adalah pada drama yang mengambil latar belakang di Jepang yang dipadukan dengan musik khas Jepang. Atraksi ini juga diramaikan dengan tarian dan seni bela diri.

Danial, Wakil Ketua Teater Enjuku, menambahkan bahwa harapan mereka adalah dapat menyebarkan tidak hanya budaya dan kesenian Jepang, melainkan juga budaya positif lainnya seperti gaya hidup.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com