Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spanyol Juga Punya Mie, Cicipi Rossejat Berwarna Hitam

Kompas.com - 11/09/2019, 19:02 WIB
Ni Putu Dinanty,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Txoko Jakarta, restoran Spanyol yang dibuka pada bulan Maret 2019, menghadirkan hidangan otentik dari Basque Country bagi orang-orang Jakarta. Salah satu hidangan yang populer adalah Black Rossejat.

Basque Country merupakan daerah otonom di Spanyol. Kawasan ini dihuni etnis Basque yang merupakan salah satu etnis tertua di Eropa.

Rossejat sendiri sebenarnya berasal dari Catalonia, bukan Basque Country, tetapi masih merupakan salah satu hidangan paling populer di Spanyol.

Baca juga: Restoran Instagenic Terbaru di Jakarta, Sajikan Makanan Spanyol ala Basque

"Rossejat merupakan salah satu hidangan populer di Spanyol, juga cukup populer di Basque Country. Orang-orang memiliki selera dan cara mereka sendiri untuk mencampurkan rossejat di berbagai daerah di Spanyol, misalnya ada yang menambahkan seafood, iga, atau sayuran," ujar Chef Oskar Urzelai, pengelola Restoran Txoko Jakarta.

Black Rossejat disajikan dengan saus Ali Oli, saus berwarna cokelat terang khas Basque. Hidangan ini dibuat dari mi hitam dengan berbagai makanan laut segar yang gurih.

Black Rossejat menggunakan tinta cumi-cumi yang dicampur ke dalam rossejat saat dimasa. Warnanya yang hitam begitu khas. 

Oskar menuturkan bahwa Rossejat dapat disantap dengan lauk apa pun. Namun menurutnya, pasangan paling cocok adalah boga laut seperti gurita, cumi-cumi, kepiting, udang, lobster, dan ikan.

Baca juga: 5 Makanan Spanyol khas Basque, Etnis Tertua di Eropa

Hidangan Black Rossejat yang disajikan di Txoko, dapat dinikmati oleh empat hingga enam orang sehingga cocok dimakan bersama. Hidangan ini juga cocok disantap bersama-sama dalam rangka memperingati perayaan besar dengan teman-teman atau rekan bisnis. 

Tidak hanya dihidangkan dengan mi, hidangan ini dapat diganti dengan nasi sehingga namanya dapat berubah menjadi Black Paella.

Cara masak Black Rossejat dan Black Paella sama. Bedanya hanya bahan karbohidrat, yaitu nasi atau mi. Nasi yang digunakan dalam hidangan Black Paella berasal dari Beras Bomba sehingga ukuran nasinya lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com