Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Terkini Papua Barat: Aman Dikunjungi Wisatawan

Kompas.com - 18/09/2019, 12:00 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus kerusuhan yang terjadi di beberapa daerah Papua pada Agustus membuat wisatawan ragu ke Bumi Cenderawasih. Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani menegaskan saat ini Papua Barat dalam kondisi aman dan kondusif.

"Papua Barat 100 persen aman, tentang konsisi keamanan pasca kericuhan beberapa saat lalu, itu ingin kami sampaikan sejak beberapa hari setelah kejadian sesunggungnya keadaan sudah aman," jelas Wakil Gubernur Papua barat, Mohamad Lakotani dalam acara peluncuran Pelucnuran Festival Seni Budaya Papua Barat dan Festival Pesona Bahari Raja Ampat di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (17/09/2019).

Lakotani menambahkan, pasca peristiwa kerusuhan pada bulan Agustus lalu tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke Papua Barat menurun. 

Ia mengaku menerima keluhan dari para pengelola tempat wisata di Papua Barat karena turunnya jumlah wisatawan.

Baca juga: 5 Wisata Alam Manokwari dan Papua Barat yang Bikin Jatuh Cinta

Kepulauan Fam dapat julukan sebagai Raja Ampat Kecil.https://pesona.travel Kepulauan Fam dapat julukan sebagai Raja Ampat Kecil.

"Ini kurang lebih sebulan ada beberapa keluahan dari teman-teman pengelola atau yang bergerak di industri pariwisata. Mereka kemudian mengajukan semacam keluhan cuma presentasinya yang secara pasti itu belum kami punya data persisnya," paparnya.

Lakotani memastikan tidak ada infrastruktur di Raja Ampat yang mengalami kerusakan akibat kerusuhan, sehingga siap untuk pelaksanaan festival. 

"Sebetulnya Raja Ampat tidak terkena dampak akibat kerusuhan, namun kondisi keamanan yang dikawatirkan mulai muncul travel warning dari sejumlah negara, yang wisatawannya berkunjung kesini,"papar Wakil Gubernur Papua Barat.

Baca juga: Unik, Wisata Air Panas di Papua Ini Bukan Berasal dari Gunung Berapi

Beberapa negara sempat mengeluarkan travel warning untuk warganya yang akan berlibur ke Papau akibat kerusuhan bulan Agustus lalu.

"Ada kegiatan Festival Budaya dan Festival Pesona Bahari Raja Ampat sebagai upaya untuk menunjukan ke dunia internasional dan keseluruh rakyat Indonesia bahwa Papua Barat aman dan kita pastikan sangat aman jadi silahkan datang" ungkap Wakil Gubernur Papua barat, Mohamad Lakotani.

Pemerintah Papua Barat terus mengoptimalkan usaha demi menunjang keamanan Papua Barat terlebih keamanan para wisatawan yang mengunjungi objek-objek wisata di Papua Barat.

"Sejumlah agenda sudah kami lakukan, dan terus kami pastikan bahwa Papua Barat sudah kembali kondusif. Beberapa yang lalu sudah kali kumpulkan tokoh masyarakat seperti tokoh agama dan tokoh-tokoh dari lembaga sudah berkumpul dan mendukung suasana Papua damai," pungkas Lakotani

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com