Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Raja Ampat, Jelajahi Gunung sampai Bawah Laut Selama 5 Hari

Kompas.com - 19/09/2019, 21:05 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2019 akan mengajak wisatawan mengarungi gunung hingga masuk ke dasar laut di Raja Ampat, Papua Barat.

Baca juga: Siap Siap, Ada Festival Wisata di Raja Ampat dan Manokwari Oktober Ini

"Ada acara di laut dan di darat. Di laut dibagi, ada di atas dan di dasar laut. Jadi di darat itu akan hiking ke gunung melihat obyek wisata, untuk melihat burung cendrawasih dan di laut bagian atas ada snorkling dan bagian bawah ada diving," kata Wakil Bupati Raja Ampat Manuel Piter Urbinas di Balairung Soesilo Soearman, Gedung Sapta Pesona, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (17/09/2019).

Ia menambahkan bahwa trip tersebut akan berlangsung selama lima hari. Festival Pesona Bahari Raja Ampat sendiri sudah berjalan selama tujuh tahun.

"Pada festival kali ini, yang membedakan di tahun ini adalah lokasinya kita rubah, yang dululunya kita di Misool, sekarang kita di Waigeo Barat atau Waigeo Barat Daratan dan Teluk Mayalibit (keduanya ialah distrik di kabupaten Raja Ampat, Papua Barat)," ungkap Manuel.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Terindah di Asia, Salah Satunya Raja Ampat

Pemerintah daerah Raja Ampat ingin menonjolkan jalur dari puncak gunung yang seakan menyambung hingga dasar laut.

Sebuah pulau kecil dengan lubang di tengahnya bisa dijumpai sebelum masuk ke kawasan Kepulauan Wayag, Raja Ampat.Dok. Kompas TV Sebuah pulau kecil dengan lubang di tengahnya bisa dijumpai sebelum masuk ke kawasan Kepulauan Wayag, Raja Ampat.

"Kita ingin memperkenalkan hubungan antar gunung dan dasar laut. Itu yang akan kami tonjolkan pada tahun ini. Jadi wisatawan yang melihat dari posisi gunung itu, dia akan turun ke pesisir pantai. Karena bukit itu terciptanya dari pesisir pantai hingga dari dasar laut dan kita akan memperkenalkan jalur itu," jelasnya.

Festival Lainnya

Selain Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2019, juga ada Festival Seni Budaya Papua Barat akan berlangsung di Manokwari pada 7 hingga 11 Oktober 2019 dan Festival Pesona Bahari Raja Ampat berlangsung pada 18-22 Oktober 2019 di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) Raja Ampat.

Festival Seni Budaya Papua Barat akan fokus pada penampilan atraksi-atraksi budaya seperti berbagai lomba tari kreasi baru, lomba musik tradisional, lomba folk song, body painting,dan lomba tari pergaulan yosim pancar.

Kumpulan shooling fish yang ditemukan KompasTravel di perairan dekat Pulau Arborek, Raja Ampat, Kamis (19/10/2017).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kumpulan shooling fish yang ditemukan KompasTravel di perairan dekat Pulau Arborek, Raja Ampat, Kamis (19/10/2017).

Selain itu, ada pula lomba kuliner khas Papua Barat, pameran benda- benda budaya(hasil kerajinan tangan kha Papua Barat). Sementara itu, penyelenggaraan Festival Pesona Bahari Raja Ampat yang berlangsung di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) Raja Ampat selama lima hari (18-22 Oktober 2019).

Baca juga: Pemkab Raja Ampat Keluarkan Aturan untuk Kapal Wisata

Dengan mengangkat tema 'Exotic Raja Ampat, From Ridge to Reef akan menampilkan berbagai kegiatan antara lain; Wild Life(mengenal lebih dekat flora dan fauna Raja Ampat); Water Activities (snorkling, diving)'.

Ada pula Island Hopping (mengunjungi Pulau Pianemo dan Kepulauan Fam); Opening-Closing Ceremony (Rangkaian acara pembukaan dan penutupan Festival Pesona Bahari Raja Ampat dengan menampilkan kesenian, budaya, produk ekonomi kreatif,dan lain-lain).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com