Share this page

Jalan-jalan di Sekitar Geopark Ciletuh

Kompas.com - 21/Sep/2019 , 18:47 WIB

Jalan-jalan di Sekitar Geopark Ciletuh

KOMPAS.com - Walau sudah dikenal luas, namun nyatanya masih banyak yang bingung soal aktivitas yang asyik dilakukan di Geopark Ciletuh. Padahal, menyusuri geopark ini seakan tak ada habisnya.

Jalan-jalan di sekitar Geopark ciletuh memang sebaiknya dengan persiapan. Cek dulu daftar berikut, lokasi apa saja yang bisa dikunjungi.

Pantai- pantai indah

Sobat pesona suka pantai? Di Ciletuh, kita bisa menemukan pantai-pantai indah seperti pantai Pangumbahan, Cimaja, dan Ujung Genteng.

Bahkan, salah satu gerbang masuk geopark berada sangat dekat dengan Pantai Palangpang. Rasanya tidak cukup waktu satu hari untuk menikmati keindahan pantai-pantai ini.

Wisata air ini belum termasuk Muara Cipanarikan yang tak kalah menawannya. Letaknya memang agak terpencil sehingga dibutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra untuk mencapainya. Namun semua lelah akan terbayar lunas begitu kita merebahkan diri di pinggir muara ini.

Puncak nan sejuk

Kurang tertarik dengan suasana pantai yang cenderung panas dan membuat kulit lengket? Jangan takut! Geopark Ciletuh menyediakan banyak puncak yang bakal membuat kita terkantuk lantaran sejuknya angin sepoi-sepoi.

Sebut saja Puncak Darma, Puncak Tugu, Puncak Gebang, dan Puncak Manik, tempat dimana kita bisa melihat betapa megahnya ciptaan Yang Maha Kuasa dari atas. Oh ya, Di Puncak Manik, pengunjung juga bisa memanjakan diri dengan berendam di bawah air terjunnya yang sangat jernih.

Tenang, bertandang ke puncak-puncak ini bukanlah perkara mahal. Namun, kita harus menyiapkan fisik yang prima, sebab rata-rata puncak mengharuskan kita berjalan di atas batuan karang yang curam.

Bukit yang instagramable

Jika kondisi fisik tak begitu prima, Geopark Ciletuh juga menyediakan beberapa bukit cantik yang tidak menguras tenaga untuk mencapainya. Ada Bukit Panenjoan dan Bukit Teletubbies yang bisa kita jelajahi di geopark ini.

Bukit-bukitnya sangat layak untuk kita jadikan latar swafoto yang menawan. Sambil menikmati sejuknya udara di bukit, kita bisa menghabiskan waktu dengan sekadar duduk-duduk.

Menjajal riuhnya air terjun

Setelah lelah menjelajahi bukit dan puncak yang tiada duanya, sisihkan waktu untuk memanjakan diri di beberapa air terjun. Rata-rata air terjun sangat aman untuk dijadikan tempat berendam.

Geopark Ciletuh memiliki koleksi air terjun Awang, Cimarinjung, Cigangsa, Cikaso, Sodong, Larangan, Cikanteh, dan Puncak Manik. Jangan lupa siapkan baju ganti yang nyaman dipakai setelah berendam.

Berkenalan dengan penduduk setempat
Kelengkapan alam Ciletuh makin sempurna jika kita mengunjungi Desa Adat Ciptagelar. Di sini kita bisa berkenalan dengan masyarakat setempat yang sangat ramah dan terbuka dengan para wisatawan.

Selain bercengkerama dengan penduduk desa itu, kita juga bisa mengenal adat istiadat dan cara hidup mereka yang masih sangat tradisional. Desa Ciptagelar membuktikan kepada kita bahwa kebahagiaan itu bisa dicapai lewat kesederhanaan dan keterbatasan.

Baca artikel lainnya:
Lembah Ciletuh, Tiga Kali Ganti Warna

Keindahan Tiga Air Terjun di Curug Cikanteh

Geopark Kaldera Toba, Istimewa Dengan 16 Warisan Dunia

Telusuri obyek wisata lainnya lewat laman Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya