Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kemenpar Promosikan 5 Destinasi Super Prioritas di WFC Summit 2019

Kompas.com - 23/09/2019, 13:20 WIB
Hotria Mariana,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Lima Destinasi Super Prioritas diperkenalkan dalam acara World Flower Council (WFC) Summit 2019, Nusa Dua, Bali, Minggu (22/9/2019).

Adapun kelima destinasi tersebut terdiri dari wilayah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Zona Ekonomi Khusus Likupang Minahasa Utara.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani lewat rilis yang diterima Kompas.com, Senin (23/9/2019) mengatakan, pengembangan kelima area tersebut dinilai dapat membangkitkan sektor pariwisata Indonesia.

Apalagi, lanjut Rizki, setiap destinasi memiliki pesona berbeda, sehingga bisa menjadi pilihan bagi wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia.

Baca juga: Perkuat Konsep Nomadic Tourism, Kemenpar Bangun Homepod di Labuan Bajo

Rizkin lantas memberi contoh Labuan Bajo. Dikatakannya, kawasan ini memiliki potensi wisata bahari yang luar biasa.

Mulai dari pantai, air terjun, laut, hingga yang paling fenomenal keberadaan komodo yang menjadi kebanggaan Indonesia.

"Pengembangan ini bakal mengakomodasi kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia," ujar Rizki.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani saat memberikan sambutan di acara gala dinner World Flower Council (WFC) Summit 2019, Nusa Dua, Bali, Minggu (22/9/2019).Dok. Kemenpar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani saat memberikan sambutan di acara gala dinner World Flower Council (WFC) Summit 2019, Nusa Dua, Bali, Minggu (22/9/2019).
Terkait keikutsertaan Indonesia dalam ajang WCF Summit 2019, Rizki berharap WCF bisa berkolaborasi dengan berbagai event serupa Tanah Air, seperti Tomohon Flower Festival atau Malang Flower Carnival

Baca juga: Festival Bunga Tomohon ke-8 Diharapkan Dongkrak Kunjungan Wisatawan

"Alangkah baiknya kalau ke depan berkoordinasi, sehingga mengangkat event tersebut dan juga bisa mendatangkan wisman dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat," ujarnya.

Secara terpisah, Menteri Pariwisata (Menpar) Arif Yahya meyakini jika dukungan pada acara tersebut sangat tepat sasaran.

"Dunia sudah harus terus diperkenalkan dengan lima destinasi super prioritas. Mungkin nantinya tidak langsung datang, tetapi pada kunjungan selanjutnya. Dengan diperkenalkan seperti ini mereka tentunya akan penasaran," ujar Menpar.

Mengenai acara WFC Summit 2019, Arief pun mengapresiasi acara tersebut. Dengan begitu, Indonesia dapat semakin menunjukkan betapa hangatnya pariwisata Tanah Air.

Baca juga: Menpar Yakin Sail Nias 2019 Jadi Momentum Peningkatan Pariwisata Nias

"Sambil menyelam minum air. Saya yakin cerita indah akan menjadi corong marketing yang baik karena didengar langsung dari yang mengalaminya," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com