Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Murah Tiket Pesawat di Travel Fair?

Kompas.com - 24/09/2019, 11:44 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompas Travel Fair (KTF) 2019 sudah selesai digelar selama tiga hari yaitu tanggal 20 hingga 22 September 2019 di Jakarta Convention Centrer, Senayan, Jakarta.

Pameran wisata ini merupakan tempat yang tepat untuk berburu tiket pesawat promo maupun paket wisata, juga aneka perlengkapan untuk berlibur. Berdasarkan data dari panitia, jumlah pengunjung selama tiga hari mencapai 23.100.

Baca juga: 10 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah di Kompas Travel Fair

“Terjadi peningkatan dibanding tahun lalu, transaksi pada tahun 2019 di Rp 101 milyar dengan jumlah pengunjung 23.100,” jelas Deputy GM Iklan Kompas Diana Eka, saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/09/2019).

Beberapa pengunjung yang datang mengaku berhasil mendapatkan tiket murah ke berbagai destinasi di dunia.

"Saya dapat harga 5,4 juta ke Jepang pakai maskapai Philippine Airlines, saya rela datang dari Bintaro ke Senayan karena tahu ada KTF,” kata Joni (35), kepada Kompas.com saat ditemui di sela-sela KTF 2019 Jakarta, Sabtu (21/9/2019).

Baca juga: Refund Tiket Pesawat, Berapa Persen Uang Tiket Pesawat Dikembalikan?

Joni mengaku senang karena mendapat harga promo tiket tersebut. Ia pun dapat berlibur bersama keluarganya pada November mendatang. Selain itu juga ada Marini, pengunjung Kompas Tavel Fair dari Depok.

“Saya datang dari Depok untuk ke Kompas Travel Fair. Alhamdulilah, saya dapat tiket PP Eithad Airways untuk ke Amsterdam, dapat Rp 9,4 juta," jelas Marini (53), kepada Kompas.com, Sabtu (21/9/2019).

Para pengunjung Kompas Travel Fair 2019 memadati berbagai agen perjalanan untuk mendapatkan harga terbaik. Minggu (22/09/2019) Para pengunjung Kompas Travel Fair 2019 memadati berbagai agen perjalanan untuk mendapatkan harga terbaik. Minggu (22/09/2019)

Marini yang didampingi oleh suaminya merasa puas karena mendapat tiket murah untuk pergi ke Amsterdam. Tiket PP harga normal ke negeri kincir angin itu biasanya bisa mencapai Rp. 20.000.000.

Marini juga mendapat potongan cashback dari Bank CIMB Niaga sebesar Rp. 700.000. Jadi total harga yang harus ia bayar untuk tiket ke Amsterdam menggunakan Eithad Airways hanya Rp. 8.700.000.

Baca juga: Seputar Tarif Bagasi Pesawat di Indonesia dan Tips Menghemat Biaya Tambahan

"Itu belum cashback, kalau ditambah dengan cashback dari CIMB Niaga hanya Rp 8,7 juta itu sudah PP kelas Ekonomi. Alhamdulilah ini baru pertama kali (hadir ke travel fair) langsung dapet tiket murah," paparnya.

Selain itu, pengunjung bernama Sugeng (54) juga mendapatkan tiket pesawat ke Jepang seharga Rp 6.100.000 dari maskapai penerbangan All Nippon Airways (ANA).

“Tahun lalu saya juga ikutan, sekarang saya dapat 6 juta ke Jepang, belum termasuk cashback dari CIMB Niaga 1,5 juta kan,” kata Sugeng.

Pengunjung mencari tiket pesawat di Kompas Travel Fair 2019, di Jakarta Convention Centre, Senayan, Minggu (22/09/2019). Pada hari terakhir pelaksanaan pengunjung masih berburu tiket pesawat murah tujuan domestik dan internasional.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Pengunjung mencari tiket pesawat di Kompas Travel Fair 2019, di Jakarta Convention Centre, Senayan, Minggu (22/09/2019). Pada hari terakhir pelaksanaan pengunjung masih berburu tiket pesawat murah tujuan domestik dan internasional.

Bakal hadir di Bandung

Jika tahun ini diadakan serentak di empat daerah yaitu, Jakarta, Medan, Surabaya dan Makassar, maka di tahun depan kota penyelenggaraan Kompas Travel Fair akan ditambah di satu kota lagi yaitu di Bandung, Jawa Barat.

“Tahun depan kota penyelenggaraan Kompas Travel Fair akan ditambah di satu kota lagi yaitu di Bandung, Jawa Barat,” papar Diana.

Selain itu pada tahun depan akan dibuka lebih banyak stan agar pengunjung dapat mengetahui lebih banyak potensi destinasi dalam negeri dan mancanegara. Serta menambah program perjalanan di dalam dan luar negeri yang menarik.

Baca juga: Tips Memotret di Dalam Kabin Pesawat

“Area halal tourism tahun depan akan lebih banyak lagi agent halal tour yang bergabung dalam Kompas Travel Fair,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Diana, rencananya tahun depan juga akan dibuka area Kidz Zone untuk anak-anak bermain.

"Hal tersebut mejadi perhatian exhibitor sehingga parents (orangtua) lebih tenang dalam bertransaksi,” ungkap Diana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com