Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dulu Terkenal Mewah Lalu Mati, Bioskop Permata Berusaha Bangkit

Kompas.com - 25/09/2019, 19:01 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Yogyakarta dengan segala hiruk pikuk kotanya yang semakin membahana, menyimpan banyak cerita, mulai dari budaya hingga perfilmannya.

Adalah Bioskop Permata, salah satu pelopor tempat masyarakat Yogyakarta menghabiskan waktu untuk menonton film sejak zaman Belanda.

Namun, kini Bioskop Permata hanya tinggal nama, tempat itu sudah tujuh tahun tidak aktif memutar film-film dalam maupun luar negeri.

Baca juga: Makan di Gejayan, 5 Kuliner Legendaris Yogyakarta

Terletak di Jalan Sultan Agung yang merupakan salah satu jalan utama di kota Yogyakarta, tidak serta merta membuat bioskop ini selalu ramai.

Hal ini terjadi karena persaingan dan pengelola bioskop Permata yang tidak melakukan inovasi atau kemajuan alat apapun pada bioskop ini. Alhasil, bioskop yang dibangun sejak zaman Belanda ini punah juga dan benar-benar tutup pada tahun 2012.

Baca juga: 24 Jam di Gunungkidul Yogyakarta, Wisata ke 3 Pantai dan 1 Bukit

Padahal, jika dirunut masa lalunya, bioskop ini merupakan bioskop termegah dan teramai di Kota Yogyakarta. Ia mengalahkan beberapa pesaing lainnya seperti bioskop Presiden, Bioskop Indra, Mataram, Ratih, dan Widya yang ada di Kota Yogyakarta.

Namun seiring berjalannya waktu, bioskop-bioskop lainnya pun hilang termakan zaman dan tergantikan dengan bioskop-bioskop baru.

Tulisan papan nama Bioskop Permata yang sudah rusak tergerus zamanNicholas Ryan Tulisan papan nama Bioskop Permata yang sudah rusak tergerus zaman
Salah satu kuncen atau penjaga tempat yang kini dikenal sebagai Eks-Bioskop Permata ini, Arif Hidayat (44) mengatakan, dahulu Bioskop Permata memiliki nama Bioskop Luxor.

Orang Belanda menamai tempat yang disebut-sebut sebagai bioskop pertama di Yogyakarta ini dengan nama tersebut.

“Namun, setelah merdeka ganti nama jadi Bioskop Permata,” kata Arif.

Baca juga: 8 Obyek Wisata di Yogyakarta yang Pas untuk Melihat Sunset

Arif juga bercerita banyak tentang bioskop yang berdiri tahun 1940-an ini. Ia mengatakan bahwa dahulu sebelum menjadi bioskop, tanah ini adalah kuburan Jawa kuno.

Ia mendapat cerita tersebut dari leluhur-leluhurnya. Arif sejak kecil memang tinggal di belakang bangunan bioskop itu. Tak mengherankan, ia tahu persis apapun kejadian yang ada pada Bioskop Permata.

“Dulu itu tahun 1970-1990an masih jaya-jayanya, trus akhir 1990an udah mulai menurun penontonnya, filmnya juga sedikit dan gak menarik, tambah lagi banyak bioskop baru dan lebih bagus yang muncul,” terang Arif sembari mengingat bahwa ia dulu sering bermain di sekitaran bioskop ketika masih anak-anak.

Baca juga: Berakhir Pekan di Solo dan Yogyakarta, Coba Ikuti Itinerary Wisata Ini

Bioskop Permata memang sudah tidak bisa lagi disebut bioskop, karena alat-alat proyektor film dan alat untuk memutar film lainnya pun sudah ditarik dan dikembalikan kepada pemilik.

Sebagai satu-satunya kuncen eks Bioskop Permata, tak heran jika Arif sempat mendengar orang-orang bercerita horor atau mistis di sekitar bioskop.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com