Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tadinya Dimakan Orang Miskin, Genjer Kini Hadir di Restoran Mewah

Kompas.com - 01/10/2019, 11:27 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Genjer sempat terkenal sebagai makanan rakyat jelata pada era 1930-an hingga masa kemerdekaan.

Lewat lagu Genjer-Genjer, karya seorang seniman asal Banyuwangi bernama M. Arif, menceritakan bahwa masyarakat pada masa penjajahan Jepang sangat sengsara. Lagu genjer-genjer menceritakan kesengsaraan rakyat yang hanya bisa mengonsumsi genjer.

Baca juga: Sayur Genjer, Makanan Wong Cilik yang Jadi Berdosa

Tidak mampu membeli lauk makan dan yang tersedia hanyalah genjer. Akhirnya masyarakat masa itu hanya mampu menyentap genjer sebagai lauk.

Bahkan, saat itu ‘genjer’ (Limnocharis flava) merupakan tanaman gulma yang tumbuh di rawa-rawa yang juga dikonsumsi itik.

Sayur genjer semakin kalah pamor pada era Order Baru. Lagu Genjer-genjer identik dengan PKI sehingga pada masa Orde Baru, lagu ini dianggap "terlarang". Menyebut kata "genjer" pun seakan-akan menyeramkan.

Namun, kini pamor genjer mulai berubah. Genjer hadir di meja makan masyarakat Indonesia terutama di Jawa dan Sumatera.

Daun genjer segar yang merupakan sayuran hijauINTISARI/AGUS SURONO Daun genjer segar yang merupakan sayuran hijau

Tak hanya itu, genjer pun masuk dalam menu beberapa restoran mewah maupun restoran keluarga. Salah satunya Bunga Rampai di Jakarta.

Sayur genjer pernah menjadi salah satu makanan yang disantap CEO Telegram, Pavel Durov saat datang ke Indonesia pada 2017 lalu.

Baca juga: Asal Usur Sayur Genjer, Penyelamat Krisis Pangan Era 1930-an

Saat kunjungan pada 1 Agustus 2017, Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara menjamu pendiri sekaligus CEO Telegram Pavel Durov dengan makan siang berupa sayur genjer dan gurame goreng di restoran Bunga Rampai.

Kunjungan Durov pun sempat dikicaukan oleh Rudiantara di akun Twitternya @rudiantara_id. Rudiantara mengunggah sebuah gambar yang memperlihatkan keduanya sedang makan siang dengan jamuan menu Indonesia. Salah satunya sayur genjer.

"Makan siang dengan Pavel @durov CEO Telegram. Nasi hijau, bakwan jagung, gurame goreng, sayur genjer, udang sambal," tulis pria yang karib disapa Chief RA itu.

Dalam foto yang diunggah akun Menkominfo, sejumlah menu makanan yang disajikan untuk Durov pun terlihat di meja makan tersebut.

CEO Telegram Pavel Durov bertemu Menkominfo Rudiantara, Selasa (1/8/2017) siang@rudiantara_id CEO Telegram Pavel Durov bertemu Menkominfo Rudiantara, Selasa (1/8/2017) siang

Menurut Manager Operational Bunga Rampai Ronald AMP, saat pertemuan tersebut, pihak yang bertemu langsung memesan hidangan saat itu, jadi tanpa pemesanan terlebih dahulu sebelumnya. 

"Mereka hanya minta dan memilih menu khas Indonesia, dan salah satunya hidangan Tumis Genjer tersebut," ujar Ronald AMP, saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (28/09/2019).

Sebagai salah satu makanan tradisional Indonesia, genjer menjadi salah satu hidangan yang dipertahankan di Bunga Rampai.

Baca juga: Tips Mengolah Genjer Agar Tidak Pahit

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com